Predikat Top Brand menjadiapresiasi atas upaya Toyota memelihara kepercayaan berbagai pihak terhadapToyota sebagai hasil dalam membangun Top of Mind Share, Top of Market Share,dan Top of Commitment Share. Penghargaan Top Brand Award dianugerahkan kepadaToyota pada Rabu, 5 Februari 2014, di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta.
Terpilihnya Toyota Avanza yang meraih hasil tertinggi,diikuti dengan Toyota Kijang Innova, keduanya berhasil membawa Toyota merajaikategori MPV. Hal ini memperkuat pencapaian kedua MPV andalan Toyota tersebut,setelah sebelumnya mengakhiri akhir tahun 2013 dengan memimpin pasarnyamasing-masing.
Toyota Avanza membukukan total penjualan 213.458 unit danmemimpin dengan 49,2% pangsa pasar, sedangkan Toyota Kijang Innova mencatatkantotal penjualan 64.539 unit dengan 72,2% pangsa pasar. Pencapaian ini.mempertegas dominasi Toyota pada kategori MPV yang merupakan tulang punggungindustri otomotif Indonesia.
Keberhasilan Toyota Yaris meraih gelar Top Brand turutmenutup tahun 2013 dengan hasil yang menggembirakan. Sepanjang tahun lalu,Toyota Yaris membukukan total penjualan 13.726 unit dengan pangsa pasar 21,7%di segmen compact car, kendati dihadapkan pada kendala pasokan.
"Toyota bersyukur bahwapencapaian Toyota memperoleh pengakuan dari berbagai pihak khususnya Top BrandIndex dan para pelanggan setia Toyota. Semoga ini merupakan sebuah pijakanuntuk meraih hasil yang lebih baik, khususnya tahun 2014", ucap Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor,Johnny Darmawan.
Penghargaan Top Brand 2014 bertajuk A Symbol ThatEnhances Customer Trust ini merupakan penghargaan pertama yang diterima Toyotapada tahun 2014. Keberhasilan Toyota Avanza, Kijang Innova, dan Yaris,mengulang sukses tahun sebelumnya dengan meraih pencapaian yang sama.
Dalam Top Brand Award 2014 ini, hasil terbaik berupa TopBrand Index diraih Toyota setelah melalui tahapan survey nasional terhadap4.200 responden di delapan kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung,Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru, dan Balikapan.
Selama 15 tahuneksistensinya, Top Brand Index telah menjadi index yang paling terpercaya dalammenilai sebuah merek. Predikat Top Brand mengkomunikasikan superioritas sebuahmerek kepada konsumen Indonesia.Selainitu, Top Brand Index memanfaatkan persepsi pasar akan dimensi sebuah merek,yaitu dimensi Mind Share yang merefleksikan kekuatan merek di benak konsumen,dimensi Market Share yang merefleksikan kekuatan merek di dalam persainganpasar, dan dimensi Commitment Share yang merefleksikan kekuatan merek dalamhati konsumen.
Edwin
KOMENTAR