Ibu dan Bapak, jangan cuma menekankan pembelajaran hapalan pada si kecil tapi optimalkan juga fungsi otak kanannya kalau ingin ia jadi anak kreatif.
Sering, kan, melihat anak-anak main kuda-kudaan dengan menggunakan sapu ijuk atau pelepah pisang yang dibentuk seperti kuda? Itu tandanya mereka kreatif. Nah, yang menggerakkan kreativitas ini adalah belahan otak kanan. Seperti diketahui, otak manusia terdiri belahan otak kiri dan kanan.
Sayangnya, fungsi belahan otak kanan amat kurang dioptimalkan. Justru pemberdayaan belahan otak kiri yang lebih diutamakan. Lihat saja di sekolah-sekolah, para guru cenderung lebih menekankan pembelajaran menulis, membaca, berhitung, atau menghapal. Padahal, pembebanan otak dengan pembelajaran seperti itu, tak sepenuhnya akan mewujudkan peningkatan perkembangan kognitif (daya pikir) anak. "Bahkan justru menjadikan anak tak berpikir kreatif karena fungsi imajinasi yang terletak di otak kanan diabaikan," ujar Prof. Dr. Conny R. Semiawan.
Jadi, jika belahan otak kanan kurang berfungsi, maka anak akan lebih berpikir linier (satu arah), teratur, dan logis. Dampaknya, anak tak berpikir multi dimensional. Ambil contoh beberapa ekonom yang sering berpikir monolitik atau linier, yaitu hanya berpikir tentang bidang ekonomi saja. "Padahal, perkembangan ekonomi itu dipengaruhi oleh berbagai macam bidang, seperti politik dan sosial," lanjut Guru Besar pada Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta dan Fakultas Psikologi UI ini.
Meskipun teori ini tak mutlak sifatnya, namun ilmu yang disebut neuroscience yang mendeteksi perkembangan kedua belahan otak ini sudah diakui oleh para ilmuwan.
SEJAK NOL TAHUN
Tentunya Ibu dan Bapak masih ingat, betapa penting kreativitas dalam kehidupan seseorang. Jika sedari dini kreativitas anak sudah dikembangkan, seperti dikatakan Prof. Dr. S.C. Utami Munandar, Dipl-Psych., berarti kita sudah memberi dasar kokoh pada kehidupan anak selanjutnya. "Dalam dirinya sudah terbentuk sikap dan pribadi kreatif." (nakita No.23/I/11 September 1999.) Dengan begitu, ia akan lebih siap dan mampu menghadapi masalah-masalah di masa depan. Ingat, lo, kehidupan berubah amat cepat. Jika si kecil tak kreatif, ia takkan mampu menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi di zamannya.
Jadi, Bu-Pak, bila ingin si kecil tumbuh dan berkembang sebagai orang kreatif, optimalkan fungsi belahan otak kanannya sejak sekarang. Malah, kata Conny, hal ini sudah bisa dilakukan sejak anak berusia nol tahun karena manusia itu mulai belajar sejak nol tahun. "Bayi yang baru lahir, misal, jika tiap ia menangis lalu digendong ibunya, lama-lama ia pun merasakan, 'Oh, kalau aku menangis berarti aku akan digendong.' Hingga, tiap kali ingin digendong, ia pun menangis." Itu sebab, anjurnya, ibu harus bersikap bijak. "Jika anak menangis, jangan langsung main gendong tapi selidiki dulu apakah nangisnya karena lapar, digigit binatang, popoknya basah, ataukah karena ia memang ingin digendong." Dengan begitu, secara tak langsung kita telah melatih si kecil "berpikir" sebab-akibat, hingga akhirnya ia tahu bagaimana cara menunjukkan apa yang ia butuhkan lewat tangisannya. Misal, "Oh, kalau aku nangisnya pelan, ibu akan mengajakku main. Tapi kalau aku nangisnya sampai teriak-teriak, ibu akan menggendongku."
AJUKAN PERTANYAAN
Yang jelas, dalam upaya mengembangkan kreativitas anak atau mengoptimalkan fungsi belahan otak kanannya, kita tak boleh menjadikan anak sebagai objek yang harus menerima apa saja yang kita sampaikan. Justru kita harus menjadikannya sebagai subjek yang dilibatkan secara intensif berdialog (komunikasi dua arah) dengan mengacu pada topik yang kita bicarakan. "Ini akan lebih efektif dan mengena karena belahan otak kanannya akan terfungsikan," terang Conny.
Namun, apa yang kita sampaikan (topiknya) harus menerobos masuk ke pusat minatnya, yang selanjutnya akan tergerak pula emosinya, hingga anak terdorong untuk berpikir. "Hal ini disebut getaran emosional yang menjadikan berpikirnya anak tersentuh." Tentunya, apa yang kita sampaikan haruslah familiar buat anak agar anak tertarik (masuk ke pusat minat), hingga ia pun tergerak untuk mengetahuinya (emosi tergerak), yang dilanjutkan dengan berpikir. Dengan begitu, belahan otak kanannya barulah berfungsi.
Adapun caranya, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Misal, "Nak, kamu, kan, sering melihat burung. Nah, mengapa burung yang sering kamu lihat itu bisa terbang?" Mungkin ia akan menjawab, "Karena burung punya sayap.", atau, "Memang sudah dari sananya bisa terbang.", bisa pula, "Habis, kakinya kecil-kecil. Kalau ada musuh, kan, dia enggak bisa lari kenceng. Tapi kalau bisa terbang, kan, dia bisa cepet-cepet lari.", dan seterusnya. Apa pun jawabannya, kita minta ia untuk memberikan sebanyak mungkin alasannya. Dengan begitu, kita melatih keterampilan berpikir kreatifnya.
KOMENTAR