Tugas atau pekerjaan rumah tidak hanya menolong anak belajar mengenai subjek yang dipelajarinya di sekolah, tapi juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan rasa tanggung jawab pada diri anak. Artinya, dengan menerjakan PR, anak jadi belajar bagaimana caranya mengatur dan mengalokasikan waktu untuk suatu tugas dan bagaimana ia harus menyelesaikan tugas tadi dengan rapi serta benar.
Nah, semua hal tersebut merupakan suatu keterampilan yang sangat dibutuhkan anak untuk bekal kehidupannya. Lewat PR pula anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih positif. Tentu saja, sebagai orang tua, kita diwajibkan untuk tidak menolong menerjakan PR dan hanya sebatas menemani serta memberitahu jika ia tak mengerti soal yang diberikan gurunya.
Berikut sejumlah cara yang dapat menolong anak lebih giat, serius, dan teliti mengerjakan tugas-tugas rumah yang diberikan gurunya.
1.Tempat Tenang & Nyaman
Tentukan suatu tempat yang pasti di mana anak dapat mengerjakan PR secara teratur. Tempat ini harus cukup cahaya, terang, nyaman, dan tenang tanpa ada gangguan teve, suara-suara anak bermain, atau orang berbicara/menelepon. Pendek kata, jauhkan anak dari sumber keributan yang bisa membuat konsentrasinya pecah.
2.Waktu Teratur
Pilihlah waktu yang sama setiap hari untuk membuat pekerjaan rumah. Bagi sebagian anak, waktu yang mereka anggap enak adalah sehabis makan sepulang sekolah. Sebagian lagi lebih suka mengerjakan PR setelah main atau istirahat sore. Celakanya, ada juga anak yang malas mengerjakan PR. Untuk mereka, tetapkan aturan, "Tidak boleh nonton teve atau main game di komputer sebelum mengerjakan PR."
3.Pegang Peranan
Biarkan anak memegang peranan untuk membuat "peraturan" berkaitan dengan masalah PR. Beri ia kepercayaan untuk memutuskan kapan dan di ruang mana ia akan mengerjakan tugas rumahnya. Misalnya, ia hanya ingin menyelesaikan PR di meja belajar di kamarnya pada sore hari. Hormati putusan anak. Ini akan amat membantu meminimalkan perselisihan dengan anak gara-gara masalah PR.
4.Kontrol
Biasakan memonitor PR anak. Apakah dia mempunyai masalah saat mengerjakan tugas-tugasnya atau apakah dia mudah sekali jenuh pada waktu mengerjakan PR-nya? Apakah dia mengerti bagaimana cara mengerjakannya atau apakah PR itu terlalu sulit baginya? Pada waktu dia sedang mengerjakan PR apakah TV menyala, ada telepon berdering, bercakap-cakap dengan anggota keluarga lainnya, sehingga konsentrasinya terganggu?
Jika terjadi tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya bantu anak mengatasi masalah-masalah tadi. Matikan teve, tidak membuat PR dekat meja telepon, jangan biarkan sang kakak atau adik mengajaknya ngobrol sebelum PR selesai dikerjakan.
KOMENTAR