Saat ini, transaksi online sedang mewabah. Untuk alasan efisiensi dan kepraktisan, pilihan cara bertransaksi ini pun semakin digemari. Tak heran, belakangan ini semakin banyak bermunculan toko online di tanah air. Siapa saja bisa memulai membuka toko online.
Ibu rumah tangga atau karyawati pun bisa, yang penting tetap dilakukan secara profesional. Membangun toko online memang membutuhkan investasi yang jauh lebih kecil dibandingkan membuka toko offline. Nah, bagaimana agar toko online bisa sukses? Berikut ini beberapa tips jualan online yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.
Membangun Situs
Beli domain, mendesain, lalu hosting situs Anda ke perusahaan yang menyediakan jasa hosting. Di Indonesia banyak perusahaan yang menyediakan jasa hosting dengan tarif mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 90 ribu perbulan. Paket ini berdasarkan traffic situs Anda per bulannya.
Bila Anda tak mau keluar biaya, ada banyak situs gratis yang bisa Anda pilih. Mulai dari Multiply, Wordpress, Blogspot, dan banyak lagi. Perusahaan penyedia situs gratisan ini juga melengkapi template desain gratis. Berhubung gratisan, domain atau alamat situs Anda selalu diikuti dengan situs penyedia hosting gratisan. Misalnya, www.kueenak.wordpress.com. Namun, jika dibandingkan situs gratisan, situs berbayar tentu lebih bisa dipercaya.
Jaga Kepercayaan
Seperti halnya bisnis konvensional, inti dari bisnis online adalah kepercayaan. Apalagi sebelum memutuskan, pembeli hanya bisa melihat barang atau jasa dari gambar dan deskripsi yang Anda pampang di internet. Jadi, Anda harus jeli menjaga kepercayaan pembeli. Tampilkan foto apa adanya, tanpa menutupi kecatatan, jika memang ada. Jika barang yang Anda jual adalah barang bekas, akan lebih baik jika Anda menambahkan penjelasan mengenai kekurangan atau cacat barang itu. Sekali Anda melakukan kesalahan, dijamin reputasi Anda bisa langsung turun, karena arus informasi di dunia maya sangat cepat.
Tulis Artikel
Meski hanya menjual produk, tapi situs Anda akan menarik perhatian jika diisi juga dengan artikel-artikel yang sesuai dengan barang jualan Anda. Selain bisa menarik para netter lewat situs pencarian, artikel ini juga akan menambah pengunjung situs Anda. Siapa tahu dari sekadar membaca artikel, pengunjung tertarik untuk bertransaksi.
Jangan lupa, beri kesempatan pengunjung untuk bisa berinteraksi dengan Anda. Banyak pula software gratis yang menyediakan sarana agar pengunjung bisa meninggalkan pesan atau pertanyaan di web Anda.
Barang Unik
Ada ribuan situs jual-beli di Indonesia. Dari yang menawarkan pakaian sampai pernak-penik. Agar situsnya dilirik pembeli, Anda harus menjual barang-barang yang berbeda atau unik, tidak mudah didapat di tempat umum. Sebelum memutuskan, Anda perlu browsing dulu ke situs toko-toko online sejenis untuk mengetahui keunggulan mereka.
Dengan demikian, Anda bisa menentukan apakah konsep dan layanan toko yang akan Anda buka akan bisa bersaing dengan mereka atau tidak.
Salah satu alasan orang belanja online, selain praktis, juga mencari harga murah. Soal harga memang sangat berpengaruh karena calon pembeli bisa mencari perbandingan dengan toko lain tanpa harus ke luar masuk toko. Bahkan di situs luar negeri, ada situs-situs yang selalu dirujuk calon pembeli seperti Bizrate, Shopzilla, atau PriceGrabber Froogle, untuk membandingkan harga pada produk sejenis dari ribuan pedagang.
Selain harga, tentukan juga biaya pengiriman ditanggung siapa. Jika ditanggung pembeli, Anda cukup memberikan link situs jasa pengiriman yang sudah menyediakan tarif pengiriman. Jika Anda menggunakan kurir sendiri, informasikan juga kepada pembeli kapan barang akan sampai.
Interaksi
Sebelum menentukan pilihan, pengunjung pasti ingin mencari tahu informasi barang yang akan dibeli. Itu perlunya Anda mencantumkan beragam nomor yang bisa dihubungi. Seperti alamat toko online, nomor telepon, e-mail, Instant Messenger, atau PIN Blackberry.
Usahakan cepat merespons jika ada pertanyaan dari pengunjung. Untuk mengurangi kerepotan menerima pertanyaan yang sama, Anda bisa membuat tombol Q & A di situs yang berisi pertanyaan dan jawaban hal-hal yang sering ditanyakan calon pembeli.
Promosi
Agar situs Anda dikunjungi netter, Anda wajib melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan lewat internet maupun konvensional. Aktif di milis yang setema dengan barang jualan Anda menjadi sarana promosi gratis yang efektif.
Begitu juga dengan menjajakan barang dagangan di forum jual beli, maka Anda akan mudah menemukan "lawan" alias calon pembeli. Anda juga bisa menulis link toko online di akhir lebar e-mail yang Anda kirim. Newsletter juga wajib Anda buat, jika punya barang dagangan baru. Ini sebagai informasi kepada pengunjung/member situs yang sempat meninggalkan e-mail.
Promosi lewat situs pertemanan Facebook dan Twitter juga lumayan efektif di era sekarang ini. Tag teman-teman yang sekiranya membutuhkan barang dagangan Anda.
Hindari Upaya Penipuan
Ada beberapa calon pembeli yang sekadar memesan barang tanpa mau membayar atau mentransfer uang lebih dulu. Pastikan Anda sudah menerima transfer uang dalam jumlah yang sesuai, baru barang Anda kirim. Segera setelah barang dikirim, jangan lupa memberitahu nomor resi pengiriman, agar pembeli bisa melacak barang yang dipesan ke jasa pengiriman.
Merawat Pembeli
Setelah Anda mengirim barang, tugas Anda tak berhenti sampai di situ. Anda harus tetap merawat pembeli Anda. Entah sekadar menanyakan kabar, mengirim ucapan selamat ulang tahun, atau memberi informasi terkini stok barang Anda.
Stok Barang
Ada toko online yang sama sekali tak punya stok barang. Mereka hanya sebagai perantara dari pemilik barang. Jadi begitu ada pesanan, mereka segera mengorder ke pemilik barang. Tapi jika barang yang Anda jual adalah produksi sendiri, jika memungkinkan Anda harus bersiap-siap ketika meemrlukan menyetok banyak barang. Misalnya saat menjelang liburan atau hari raya.
SUKRISNA
KOMENTAR