Kini aku sudah bisa menerima kenyataan anakku penderita DS. Hamka diberikan kepada kami, tentu ada sesuatu di balik itu. Mungkin, selagi masih di kandungan, dokter sudah tahu anakku terkena DS, namun sengaja tak memberitahu. Oleh karena itu aku malah bersyukur tidak diberitahu. Aku juga masih bersyukur, meski Hamka penderita DS, tapi ia tak harus berpantang makanan atau harus berdiet, yang tentu akan memerlukan biaya ekstra.
Yang jelas, di rumah aku tidak memperlakukan Hamka secara khusus. Dua abangnya pun sudah mengerti bagaimana bersikap kepada adiknya. Bila kutinggal kerja, mereka bisa bermain bersama. Tentu dengan pengawasan pembantu di rumah. Hanya saja aku berpesan kepada kakak-kakaknya agar mereka bersabar sebab adiknya agak lambat bila hendak melakukan sesuatu.
Oh ya, Hamka kini sudah semakin besar. Ia baru saja berulangtahun yang ke-4 dan sudah kumasukkan ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Al Irsyaad, Ciledug, Tangerang. Sekolah ini sebelumnya pernah menerima siswa berkebutuhan khusus. Di sekolah pun, gurunya tak memberi perlakuan khusus. Begitu juga teman-temannya.
Berkat pendidikan yang baik di sekolah itu, kini Hamka sudah tak mengompol. Setiap kali hendak pipis, ia selalu bilang. Hamka juga sudah bisa gosok gigi dan makan sendiri. Meski makannya masih suka berantakan, tapi tak terlalu parah. Hamka juga senang mendengarkan musik dan suka bermain piano di rumah.
Selain mengajar di kelas, aku juga membantu di perpustakaan sekolah. Di perpustakaan ini aku amat rajin mengumpulkan informasi seputar DS. Apa itu DS, bagaimana mengasuh serta bergaul dengan anak DS. Aku juga berkomunikasi dengan para orangtua yang anaknya menderita DS yang bergabung dalam POTADS (Persatuan Orangtua Anak Down Syndrome). Di perpustakaan tempatku bekerja itulah, aku menemukan salah satu seri Ensiklopedia Jepang yang memberi penjelasan singkat seputar DS.
Lama-lama aku tergerak untuk menyusun buku sendiri tentang DS. Lewat buku itu aku ingin memandu orang awam agar bisa berhadapan dan bersikap saat di lingkungannya ada anak DS. Sebab, menurutku, lingkungan turut berperan terhadap tumbuh-kembang anak DS. Selama ini belum ada panduan ke arah sana. Kepedulian pun baru ditunjukkan di kalangan tertentu saja.
Melalui buku itu, aku ingin mengajak orang awam turut memikirkan masa depan anak DS agar bisa mandiri. Pernahkah terpikir, akan ke mana anak-anak berkebutuhan khusus macam DS ketika mereka dewasa? Di manakah mereka akan dan bisa diterima bekerja?
Padahal, mereka seperti orang normal pada umumnya, lho. Memiliki ilmu dan keterampilan sesuai bakatnya. Memang, keterampilan mereka harus dipelajari secara lebih khusus, dengan waktu yang lebih lama dibandingkan anak normal. Namun jika kita mengajar dan melatihnya sejak dini, keahlian penderita DS tak ada bedanya dengan orang biasa. Itu sudah dibuktikan sejumlah anak DS di seluruh dunia.
Begitulah, buku itu kususun sejak Desember 2009 dan akhirnya bisa terbit Maret 2010, bertepatan dengan Hari DS se-dunia. Selain panduan menghadapi anak DS, di buku itu juga terdapat pengalaman anak-anak DS Indonesia yang berprestasi. Juga gambaran bagaimana pendidikan anak-anak DS di Jepang berikut menyiapkan mereka mandiri.
Aku menerbitkan buku ini secara independen dan menjualnya secara mandiri pula. Jadi tak lewat perusahaan penerbitan. Selain cepat terbit, harganya pun jadi lebih murah. Semoga apa yang kulakukan bisa memberikan pengetahuan tambahan bagi banyak orang, khususnya orangtua dengan anak DS seperti aku. Semoga ...
RINI SULISTYATI
KOMENTAR