Lantas mengapa Olla sampai terpikir merambah bisnis wewangian? "Waktu itu, aku cuma lagi kepikiran untuk bikin usaha. Suami nawarin, kenapa enggak bikin parfum aja. Asal ngomong, aku minta dia nyariin link-nya. Eh, enggak tahunya dia serius ngurusin," ujar istri Alex Tian (34) ini.
Keseriusan sang suamilah yang membangkitkan semangat Olla untuk jalan terus. Tak tanggung-tanggung, demi mendapatkan aroma parfum yang sesuai dengan karakternya, Olla mempekerjakan beberapa tenaga ahli asal Prancis dan Indonesia sebagai creative production.
Memilih aroma, yakin Olla, adalah yang utama dalam menciptakan parfum. Perempuan semampai ini sendiri tak menyukai parfum beraroma terlalu menyengat. Agar tak meleset, ibu dari Sean Mikael Alexander (4) ini bahkan sampai rela terbang ke Perancis untuk mencium ratusan aroma parfum, sebelum memutuskan. "Sampai akhirnya aku menemukan 3 aroma yang kurasa pas untuk produk perdanaku ini, yaitu mawar sutera, lily, dan musk," kisah Olla.
Olla ternyata tak salah pilih. Sejak dirilis November 2009, The Woman langsung laku keras. Dalam kurun 2 bulan saja, lebih dari 90% produk Olla terjual di 70 konter C&F Perfumery yang ada di 17 propinsi. Bahkan, gara-gara parfum Olla, parfum selebriti luar negeri seperti Sarah Jessica Parker, J.Lo dan Britney Spears, untuk sesaat tergeser posisinya.
Sayang, Olla tak bersedia bercerita lebih detil seputar modal yang ditanamkannya untuk memproduksi parfum berbandrol Rp 387 ribu itu. "Aku tidak tahu-menahu. Yang tahu persis itu suamiku. Dia yang ngurusin semuanya. Kalau aku yang urus, enggak akan sempat, karena kegiatan syutingku juga makin padat," ungkap Olla yang demi menjaga kualitas, memilih meramu parfumnya di Perancis ini. "Tapi untuk botol kemasan 125 ml, dikerjakan di Indonesia."
Tak hanya soal aroma, pemilihan brand pun dipikirkan Olla dengan matang. Nama The Woman dipilih Olla dan tim kreatifnya karena Olla dianggap mampu mewakili semua karakter wanita yang ada di dunia. "Yaitu, the dreamer, the lover, fashionista, dan believer," ujar Olla yang sadar betul, poster dirinya di setiap konter parfum, sangat mempengaruhi penjualan. "Biasanya sih, muka J.Lo yang terpampang di situ. Tapi sekarang tergeser," tuturnya yang sempat dituding menjiplak aroma parfum White Musk keluaran The Body Shop.
"Setelah aku beli dan cium sendiri parfum yang keluaran The Body Shop, ternyata beda, kok. Biar bagaimana pun, aku bikin parfum, kan, enggak sembarangan," ujar Olla yang memilih berkonsentrasi mengembangkan produknya. "I just do my best. Tiap orang punya hak berpendapat. Next, aku mau kerja sama dengan artis lain untuk bikin parfum mereka. Aku juga mau meluncurkan aroma untuk laki-laki, dan bikin Olla Ramlan limited edition."
Ester
KOMENTAR