Pernah dengar tentang Harbolnas? Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online yang aman dan nyaman. Demikian seperti dilansir di website resmi Harbolnas.
Bila di negara-negara lain seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, atau Jepang dikenal dengan istilah Cyber Monday atau Black Friday, maka Indonesia memiliki Harbolnas ini.
BACA: Tipe Pembelanja Online Apa Anda?
Sebelum mulai belanja, sebaiknya simak 5 fakta Harbolnas yang perlu Anda ketahui ini.
1. Sudah Masuk Tahun Ke-4
Harbolnas 2015 merupakan gelaran “pesta” para pelaku jual beli online yang memasuki tahun keempat. Diadakan sejak tahun 2012 lalu, Harbolnas yang diperingati setiap 12 Desember ini mengalami kenaikan yang pesat dari tahun ke tahunnya.
2. Awalnya Hanya Diikuti 7 Toko Online
Pada penyelenggaraan pertama Harbolnas yaitu tahun 2012 lalu, e-commerce yang berpartisipasi hanya tujuh, yaitu LAZADA, ZALORA, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola.
Namun dalam partisipasi awal tersebut, Harbolnas pun kemudian menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia. Pada tahun 2013 Harbolnas melibatkan 22 e-commerce dan tahun 2014 diikuti oleh 78 e-commerce. Tahun ini, terjadi pertumbuhan hampir dua kali lipatnya karena Harbolnas 2015 diikuti oleh lebih dari 140 e-commerce! Tentu kesempatan Anda mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga murah pun semakin terbuka lebar.
BACA: Agar Tak Tertipu Belanja Online, Ini Tipsnya
3. Dikenal dengan #1212Sale
Ingin mencari informasi tambahan mengenai Harbolnas atau mengetahui siapa saja yang berpartisipasi dalam Harbolnas 2015? Anda bisa menelusuri di media sosial melalui hashtag #1212Sale. Nama 1212 ini tak lain diambil dari tanggal diadakannya Harbolnas, yaitu 12 Desember.
4. Tahun Ini, Pertama Kalinya Diadakan 3 Hari
Seperti dilansir Kompas.com, di Harbolnas tahun ini Anda bisa menikmati diskon besar-besaran selama 3 hari, yaitu dari 10 – 12 Desember 2015.
"Kami berharap transaksi tahun ini bisa meningkat lebih banyak karena digelar selama tiga hari dengan lebih banyak peserta," kata SVP Strategic Marketing Partnership Lazada Indonesia, Indra Yonathan, selaku ketua panitia Harbolnas 2015 di Jakarta, Selasa (8/12/2015).
5. Pendapatan Meningkat Drastis
Bila menengok pada pencapaian Harbolnas tahun ke tahun, seperti dikutip dari Kompas.com, total pendapatan Harbolnas tiap tahun pun meningkat. Misalnya pada Harbolnas 2014 lalu, jumlah pendapatan e-commerce meningkat delapan kali lipat dibanding Harbolnas 2013. Sementara traffic pada Harbolnas 2014 pun meningkat tiga kali lipat dibanding Harbolnas 2013.
Nah, sudah siap berburu diskon?
KOMENTAR