Maraknya e-commerce dan online shop yang dapat dengan mudah kita temui di media sosial ternyata tak menghilangkan minat orang untuk berbelanja langsung di toko. Alasannya beragam.
Dari penelitian yang dilakukan oleh Time Trade, ternyata 85 persen responden mengaku bahwa berbelanja di toko secara langsung lebih menyenangkan dibanding berbelanja di toko online.
Mereka mengatakan bahwa mereka lebih menyukai bila bisa menyentuh atau mencoba langsung produk sebelum mereka membelinya. Selain itu, 36 persen mengaku bahwa mereka tidak suka menunggu pengiriman barang, dan 30 persen menyukai bila ada pertimbangan-pertimbangan yang bisa dilihat langsung sebelum memutuskan untuk membeli.
Memang, sih, toko fisik cenderung lebih menarik minat pembeli, apalagi jika tampil atraktif. Faktanya, 90 persen akan membeli bila ada bantuan dari pekerja toko untuk memilih atau memutuskan produk yang akan dibeli.
Baca: Faktor Psikologis Penyebab Orang Gampang Tergoda Diskon Saat Belanja
Selain itu ada alasan-alasan lain seperti pilihan produk dan tampilan toko fisik yang bisa mempengaruhi konsumen. Bahkan, alasan ini juga mengungkap ada jenis warna yang membuat kita tergoda belanja di toko. Wah, seperti apa penjelasannya?
Tulisan NOW
Ternyata otak kita dirancang untuk menentukan pilihan secara terburu-buru atau impulsif, termasuk saat sedang berbelanja, lo. Jarang sekali kita melakukan pertimbangan yang lama saat membeli sesuatu.
Pssst, perhatikan juga, kata now yang sering terpampang seperti subscribe now, try it now, buy now, get it now, merupakan kata yang dapat membuat kita tersugesti untuk segera membeli produk itu.
Baca: 7 Warna Ini Mampu Pengaruhi Pola Perilaku Manusia
Gambar Lebih Menarik Dibanding Teks
Jika kita memperhatikan produk-produk favorit kita, pasti hampir semuanya mementingkan unsur estetika, penataan warna, dan gambar yang kita sukai. Kualitas gambar produk yang bagus ternyata bisa membuat kita memilih produk itu, lo.
Warna Biru
Menurut ilmu psikologi yang secara khusus mempelajari efek psikologis warna, ternyata warna biru dapat menstimulasi rasa kepercayaan yang dari pembeli. Perhatikan, apakah toko yang sering kita kunjungi memiliki elemen warna biru?
Baca: Piring Warna Biru Bisa Kendalikan Nafsu Makan, 1 dari 10 Cara Diet yang Gampang Dicoba
Brand Terpercaya
Setidaknya ada empat hal yang membuat kita percaya pada suatu produk. Pertama, apakah produk itu asli dan benar atau tidak. Kedua, model atau brand ambassador produk itu bisa menjamin atau tidak. Ketiga, kita juga melihat produk tersebut bergaransi atau tidak. Keempat, produk yang resmi dan berlisensi akan meningkatkan kepercayaan kita.
Label Produk
Penelitian ini juga membuktikan, bahwa produk dengan label akan menstimulasi orang untuk membeli produk dan menggunakannya sesuai label tersebut.
Berbelanja lewat toko secara langsung ataupun berbelanja lewat online shop atau e-commerce masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang terpenting, kita harus bijak dalam membelanjakan uang kita, ya!
Sumber : www.retailtouchpoints.com
Ternyata Ini Usia Ideal si Kecil Pisah Kamar dan Cara Agar Anak Mau Tidur Sendiri
Penulis | : | Dionysia Mayang |
Editor | : | Ade Ryani HMK |
KOMENTAR