NOVA.id - Dalam lingkungan pekerjaan, memiliki ambisi dan jiwa kompetisi memang kita butuhkan untuk mencapai posisi puncak.
Tetapi, bukan berarti kita tak bisa bersikap ramah kepada rekan kerja, bahkan yang menjadi pesaing kita untuk bangku manajer.
Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan dalam Harvard Business Review disebutkan bahwa melakukan hal-hal sopan dan baik pada rekan kerja berdampak besar pada pekerjaan dan perasaan mereka.
(Baca juga : Duh, Tidur Berlebihan Lebih dari 9 Jam Malah Bikin Mimpi Buruk!)
Kita bisa melakukannya dengan mudah, misalnya memuji hasil pekerjaan mereka untuk menunjukkan bahwa mereka berharga.
Pujian adalah hal yang gratis namun dampaknya besar.
Lagi pula, bekerja adalah proses bersikap akur dan mampu bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.
Menyampaikan beberapa kata pujian yang tulus mungkin terkesan remeh tetapi berdampak besar.
(Baca juga : Ini Dia 4 Artis Cantik yang Jatuh ke Pelukan Ello, Mulai Ariel Tatum Hingga Aurelie Moeremans)
Dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh tim dan tentunya pekerjaan pun menjadi lebih ringan. Kita pun akan merasa lebih nyaman bekerja.
Meski begitu, ketahui dulu perbedaan antara "apresiasi" dan "pujian".
Kita bisa mengapresiasi seseorang dengan mengucapkan "terima kasih", "kerja yang bagus", atau bahkan "kamu yang terbaik".
Penulis | : | Dionysia Mayang |
Editor | : | nova.id |
KOMENTAR