NOVA.id -Konflik adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari sebuah pekerjaan.
Sebuah ide yang buruk jika kita hanya menghindari konflik ini secara terus menerus.
Akan lebih baik jika kita merangkul konflik tersebut, dan selesaikan masalahnya, maka kita akan memiliki pengalaman baru dari hal tersebut.
Konflik di tempat kerja bisa terjadi karena timbul kontra, ketegangan, sifat kompetitif, perebutan kekuasaan, ego, kebanggaan, kecemburuan, kinerja yang tidak seimbang, masalah kompensasi, atau adanya hari yang buruk dari seseorang.
Cari area yang kemungkinan besar akan menimbulkan konflik, kemudian intervensi hal tersebut dengan cara yang adil, hal ini akan mencegah terjadinya konflik tertentu.
Jika ada konflik maka tingkat keparahannya tidak akan terlalu buruk dan mudah ditangani.
Sebuah konflik terjadi karena adanya ketidaksepakatan yang terjadi antar anggotanya.
Hal ini bisa jadi menjadi kesempatan yang besar untuk kita belajar banyak hal dari suatu konflik.
Pendapat yang berbeda juga bisa menjadi keuntungan bagi kita untuk menambah pengalaman dan pembelajaran.
Jadi konflik bisa diselesaikan asalkan kita semua mau berkompromi, memberikan pengampunan, punya rasa empati dan mau menjadi pendengar yang baik.
Namun, jika kesenjangan posisional masih dipakai untuk menyelesaikan konflik, maka hal ini tidak menjadi pilihan yang terbaik sebagai sebuah penyelesaian. (*)
KOMENTAR