NOVA.id - Di era digital seperti ini, salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan saat kita memulai sebuah bisnis sudah bukan lagi door to door, melainkan menggunakan digital platform.
Hal ini yang menjadi topik diskusi menarik oleh Ferdy Nandes, Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines dalam program Facebook untuk UMKM di Indonesia siang tadi (21/8) di Capital Place, Kuningan, Jakarta Selatan.
Di hadapan para wartawan, Ferdy menjelaskan bahwa kini sudah banyak platform digital seperti Facebook yang bisa digunakan sebagai bagian dari merketing atau promosi berbagai brand atau bisnis kecil yang kita lakoni.
(Baca juga: Sering Dianggap Sepele, Perilaku Tidur Seperti Ini Picu Serangan Jantung!)
"Apalagi dalam platform digital masa kini sudah banyak fitur yang bisa digunakan seperti di Facebook ada Facebook Ads, ini sangat membantu para pelaku usaha untuk menentukan target costumer atau customernya. Sehingga lebih terjangkau dengan benar," terangnya.
Ia membeberkan jika 4 dari 6 platform digital yang masuk dalam deretan Top 6 Social Media yang paling sering digunakan di Indonesia adalah keluarga Facebook, yakni Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Messenger.
Pada kesempatan tersebut, Ferdy pun mendemonstrasikan kepada para awak media apabila ingin memiliki bisnis dan mempromosikannya di platform Facebook.
(Baca juga: Setelah Sabet Emas di Asian Games 2018 Lindswell Kwok Bakal Pensiun dari Wushu?)
"Jadi ada 3 tahap yang bisa kita lakukan saat membranding produk bisnis yang akan kita kelola, yakni 30 hari pertama, setelah 60 hari, dan terakhir 90 hari hingga terus berlanjut. Jadi ada step-stepnya agar bisnis kita bisa semakin dikenal banyak orang," jelas dia.
Ferdy menjelaskan proses branding dimulai di 30 hari pertama.
Dalam tahap ini, kita harus bisa mendapat 100 like agar bisa melihat wawasan Halaman.
"Jangan lupa untuk bergabung ke grup Facebook yang relevan untuk berhubungan dengan pelanggan kita," tegasnya.
(Baca juga: Modis dan Berhijab, Begini Cantiknya Putri Cindy Fatika Sari - Tengku Firmansyah!)
Selain itu, Ferdy menjabarkan bahwa kita juga harus kreatif saat membuat konten agar terlihat menarik dan tentukan berbagai obyektif dan ajakan bertindak.
Tak lupa, tinjau page insights dan hubungkan ke Facebook Messenger.
Baru setelah page insight kita mulai besar, kita bisa membuat profil bisnis di instagram.
"Setelah memasuki 60 hari jangan lupa untuk libatkan lebih banyak orang dengan menciptkan konten yang membuat kita menonjol dan mulai ceritakan kisah bisnis kita," katanya.
(Baca juga: Tak Hanya Mewah, Hotel Menginap Ardi Bakrie Pemandangannya Langsung Ka'bah?)
Dalam tahap ini, kita bisa memulai dengan unggah konten yang menarik untuk konsumen dan langsung buat jadwal unggahan di Facebook.
Kita juga bisa menggunakan fitur Facebook Live untuk mengangkat beberapa tema yang ada.
(Baca juga: Main Tinju Bersama Presiden Jokowi, Gaya Jan Ethes Ini Bikin Gemas!)
Tak hanya itu, kita juga bisa menghidupkan cerita bisnis kita dengan fitur Instagram Stories.
"Nah setelah 60 hari maka proses branding hanya akan lebih ditekankan pada hasil yang telah kita kerjakan selama 60 hari, jika masih belum terlihat maksimal, gunakan boost post dan bangun kampanye iklan di fitur Facebook Ads," pungkas Ferdy.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Healza Kurnia |
Editor | : | Alsabrina |
KOMENTAR