Bukan Cuma Buahnya, Daun Jambu Biji Bisa Atasi Diabetes, loh!

By Winggi, Minggu, 9 Desember 2018 | 06:00 WIB
Manfaat daun jambu biji (food.ndtv.com)

NOVA.id - Buah merupakan salah satu asupan sehat yang diwajibkan untuk dikonsumsi.

Bahkan disebutkan sarapan dengan segelas jus buah tanpa gula bisa menjaga kesehatan tubuh kita karena mengandung banyak antioksidan dan serat.

Salah satu buah yang banyak memiliki segudang manfaat adalah jambu biji.

Baca Juga : Jangan Salah! Ini Dia Cara Menggoreng Makanan yang Tepat Agar Tetap Sehat

Bahkan bukan hanya buahnya saja, namun daun jambu biji pun punya manfaat.

Yakni mengobati diabetes dengan mengurangi kadar gula darah.Hal ini diungkapkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition & Metabolism.

Baca Juga : Diberi Kesempatan Hidup, Perempuan Ini Rela Donorkan Organ Tubuhnya untuk 50 Orang setelah MeninggalPenelitian lebih lanjut menjelaskan jika daun jambu biji dapat mengurangi aksi enzim yang dikenal sebagai alpha-glucosidase, yang bertanggung jawab mengubah makanan menjadi glukosa dalam darah, sehingga mampu mengurangi kadar gula darah. Obat daun jambu biji ini untuk mengobati diabetes benar-benar alami dan dikatakan tidak memiliki efek samping. Namun, tetap saja Sahabat NOVA harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan ini.

Baca Juga : Suka Tidur Lama? Hati-Hati Penelitian Ungkapkan Risiko Kematian Selain itu, seiring mengobati dengan cara ini kita juga perlu melanjutkan obat diabetes, kecuali dokter meminta kita untuk menghentikan pengobatan ini dan harus mengonsumsi makanan sehat serta olahraga secara rutin. Untuk membuat daun jambu biji sebagai obat diabetes, kumpulkan 4-5 daun jambu segar.

Kemudian cuci dan masukkan ke dalam panci berisi air mendidih.

Baca Juga : Pangeran Harry Tuduh Pangeran William Merusak Hubungannya dengan Meghan Markle

Didihkan daun ini selama 5 menit.

Saring air rebusan daun jambu biji ke dalam cangkir.

Konsumsilah air ini, setiap habis makan. Nah Sahabat NOVA tentu saja mengonsumsi air daun jambu biji ini tetap harus dengan konsultasi dokter ya. (*)