Bukan Uang, Ini 2 Modal Utama Hadapi Masa Tua Bugar Menurut Ahli

By Alsabrina, Senin, 3 Desember 2018 | 00:00 WIB
Modal utama hadapi masa tua (Eva-Katalin)

NOVA.id – Usia boleh bertambah, tapi hidup sehat dan bugar tak boleh ketinggalan. Kuncinya adalah mempersiapkannya sejak muda.

Sayangnya, di saat muda kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan tentang kesehatan, terutama tentang bagaimana menghadapi fase penuaan dengan sehat.

Menurut Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, modal menghadapi masa penuaan adalah melatih kebiasaan makan sehat dan berolahraga.

"Makan adalah kebiasaan yang bisa kita latih rutin setiap hari. Di antaranya melatih menentukan porsi dan memilih jenis makanan padat nutrisi," kata Bowerman dalam siaran pers.

Baca Juga : Cuma Pakai Bahan Dapur, Ini 3 Rahasia Kecantikan Priyanka Chopra Warisan Sang Nenek!

Membangun kebiasaan makan yang baik memang tidak mudah, apalagi dengan makin beragamnya jenis makanan yang terlihat lezat namun sebenarnya minim gizi.

"Setiap kali kita membuat pilihan makanan yang tepat, berarti kita telah tegas pada diri sendiri untuk membangun kebiasaan makan yang baik. Ini akan berguna seumur hidup," ujarnya.

Jika kebiasaan makan baru diubah saat mulai muncul berbagai gangguan kesehatan, menurut Bowerman, hasilnya biasanya gagal.

Bagaimana pun, tak gampang mengubah kebiasaan makan yang sudah dilakukan berpuluh tahun sebelumnya.

Baca Juga : Ferry Anggara Nikah Lagi, Ini Potret Kompak Elly Sugigi Bersama Pacar dan Para Mantan Suami