Selain Biaya Pendidikan, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Kirim Anak untuk Sekolah ke Luar Negeri

By Alsabrina, Senin, 11 Maret 2019 | 21:00 WIB
3 persiapan sebelum mengirim anak kuliah ke luar negeri. (kali9)

NOVA.id - Masih banyak orangtua yang lebih memercayakan kualitas pendidikan yang terbaik untuk anaknya di luar negeri.

Meski sudah banyak sekolah dan universitas di Indonesia yang memiliki standar internasional, namun hal tersebut sah-sah saja dilakukan, kok.

Selain menyiapkan biaya pendidikan yang tidak murah tentunya, masih ada 3 hal penting yang perlu dilakukan sebelum mengirim anak sekolah ke luar negeri.

Baca Juga : Ke Jepang Tanpa Anak-Anak, Nia Ramadhani Siapkan Surprise untuk Ulang Tahun Mama Mertua

Pasalnya, uang saku berlimpah saja tidak cukup untuk membuat anak terbiasa hidup di negeri orang sendirian. Dengan kata lain, dibutuhkan persiapan sebelum menyekolahkan anak ke luar negeri.

Kurangnya persiapan mental anak sejak dini adalah kekeliruan yang paling sering dilakukan orang tua yang menginginkan anaknya kuliah di luar negeri. 

Sahabat NOVA tidak mau, kan, harapan agar anak meraih predikat terbaik saat kelulusan berujung menjadi kegagalan dengan hasil yang percuma?

Baca Juga : Luna Maya Sindir Makan Teman Lagi Hits, Syahrini Beri Jawaban Menohok!

Demikian seperti yang dikatakan oleh Novita Tandry, psikolog pendidikan anak sekaligus penulis buku 365 Days of Happy Parenting.

“Sebelum menyekolahkan anak ke luar negeri, anak harus sudah siap dari segala aspek tumbuh kembangnya. Artinya, secara mental, fisik, emosional, bahasa dan spritiual anak sudah harus siap.

Soalnya ancaman di luar negeri terlalu terbuka. Seperti pergaulan bebas dan narkoba merupakan ancaman yang mengerikan,” ujarnya.

Baca Juga : Putri Titian Menantikan Anak Kedua, Kabar Duka Justru Datang dari Ayahanda

Menurutnya lagi, setidaknya ada 3 persiapan terpenting sebelum mengirim anak kuliah ke luar negeri adalah kematangan anak tersebut.

Lalu, apa saja 3 hal penting sebelum mengirim anak sekolah ke luar negeri?