NOVA.id – Standar pelayanan di rumah sakit yang terus diperbarui untuk mempernyaman kita, terkadang masih terasa belum optimal.
Terutama, ketika kita masih menjumpai antrean panjang untuk bertemu dokter.
Padahal, pemerintah sudah menetapkan standar minimal pada tiap pelayanan.
Baca Juga: Cerita Roger Danuarta Awal Mula Tertarik dengan Cut Meyriska, Ternyata Syahnaz Saksinya
Misalnya pada pasien rawat jalan, standar waktu tunggunya tak lebih dari 60 menit sejak pasien mendaftar hingga dilayani oleh dokter.
Standar pelayanan minimal ini tercantum pada aturan Kemenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008.
Selain waktu tunggu lama di rumah sakit, terkadang pasien harus pulang karena slot dokter sudah penuh.
Baca Juga: Yuk, Coba 3 Ide Me Time Ini agar Weekend Makin Seru
Jika dibiarkan berlarut, permasalahan ini bukan hanya berdampak pada kepuasan pasien, tapi juga masalah kesehatan yang dialaminya.
Maka itu, diperlukan solusi baru untuk mengatasi permasalahan pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Halodoc kini membuat inovasi baru melalui layanan “Buat Janji Dokter Online”.
Melalui layanan ini, pasien tinggal membuat janji dengan dokter secara online di rumah sakit pilihan dan datang sesuai waktu yang ditentukan.
Keberadaan layanan ini diharapkan dapat memangkas antrean panjang di rumah sakit, sekaligus memastikan pasien dapat bertemu dokter tanpa harus khawatir slot penuh.
"Halodoc ingin memudahkan akses untuk mereka yang tidak punya akses, juga memberikan akses lebih cepat untuk orang yang sudah memiliki akses. Salah satunya dengan memangkas waktu tunggu dokter dan obat di rumah sakit menjadi lebih singkat," ungkap Jonathan Sudharta, CEO Halodoc.
Baca Juga: Kelewat Sopan, Begini Cara Yuni Shara Tepis Tangan Seorang Kakek yang Berniat Menyentuh Pundaknya
Layanan “Buat Janji Dokter Online” dapat dimanfaatkan oleh pasien BPJS dan reguler.
Untuk menggunakannya, pasien hanya perlu masuk ke bagian “Rumah Sakit” di situs resmi Halodoc.
Kemudian, pilih rumah sakit yang ingin dikunjungi dan tentukan jenis pendaftaran.
Baca Juga: Setelah Jadi Utusan Khusus UNHCR, Angelina Jolie Kini Jadi Youtuber
Selanjutnya pasien tinggal memilih jenis perawatan berdasarkan Poliklinik, pilih dokter, lalu tentukan tanggal dan waktu konsultasi.
Setelah menentukan jadwal, pasien hanya perlu mengisi data yang diminta.
Pihak Halodoc nantinya akan mengirim permintaan janji konsultasi ke rumah sakit.
Baca Juga: Gara-Gara Minum Obat, 16 Bocah Alami Werewolf Syndrome dan Wajahnya Dipenuhi Rambut
Apabila sudah disetujui, SMS konfirmasi akan dikirimkan ke nomor ponsel pasien via SMS.
Selanjutnya, pasien hanya perlu datang ke rumah sakit 30 menit sebelum jadwal konsultasi, lalu tunjukkan kode verifikasi untuk konfirmasi kehadiran.
Baca Juga: Marshanda Akui Sama Sekali Tak Menyesal Cerai dengan Ben Kasyafani: Malah Lebih Baik!
Saat ini layanan “Buat Janji Dokter Online” sudah dapat digunakan di 40 RS, di antaranya RS Premier Bintaro, RS Wiyung Sejahtera Surabaya, RS Premier Jatinegara, RS Delta Surya Sidoarjo, RS Semen Gresik Surabaya, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), RS Royal Taruma Jakarta, RS Duta Indah Jakarta, dan RS Royal Surabaya.
Halodoc akan terus memperluas layanan hingga 100 RS tahun ini. (*)