Berbahayakah Konsumsi Air Hujan? Setidaknya Pastikan 3 Hal Ini Dulu Sebelum Digunakan

By Alsabrina, Senin, 2 September 2019 | 09:00 WIB
Air hujan aman dikonsumsi asal 3 hal ini harus diperhatikan. (Willowpix)

NOVA.id – Air hujan bisa menjadi sebuah keuntungan lo, Sahabat Nova! Ya, keuntungannya adalah kita dapat menabung air bahkan untuk dikonsumsi!

Nanik Indayaningsih, Pembina Utama Muda (Peneliti Madya) di Pusat Penelitian Fisika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengungkapkan sebenarnya air hujan seperti air yang disuling.

Namun, yang membuat air hujan diragukan kebersihannya adalah kondisi alam yang tercemar yang ditembus oleh air hujan sebelum menyentuh permukaan bumi.

Baca Juga: Meninggal Dunia Karena Stroke, Komedian Ade Namnung Sempat Sebut Hal yang Membuatnya Sedih dan Kecewa karena Sakit yang Dideritanya

Air hujan yang tak layak konsumsi adalah air hujan yang turun di kawasan yang memiliki tingkat polusi tinggi, seperti di kawasan industri.

Pasalnya, di udara air hujan tersebut harus menembus asap pabrik, asap kendaraan, atau uap air buangan limbah pabrik untuk sampai ke tanah.

Bila sudah demikian, kewasapadaan harus ditingkatkan karena air hujan tersebut sudah terkontaminasi oleh kotoran.

Bila ingin aman untuk mengonsumsi air hujan, setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan yang disampaikan oleh Nanik. Ini dia!

Baca Juga: Sederhana, Penampilan Jadul Selvi Ananda Saat Gadis Tuai Pujian dari Warganet