Mengenal Sosok Ani Idrus, Perempuan yang Wajahnya Hari Ini Tampil di Google Doodle, Ternyata Seorang Tokoh Wartawati!

By Widyastuti, Senin, 25 November 2019 | 10:55 WIB
Mengenal Sosok Ani Idrus, Perempuan yang Wajahnya Hari Ini Tampil di Google Doodle, Ternyata Seorang Tokoh Wartawati! (Google.com)

NOVA.id - Ilustrasi seorang perempuan berkacamata mengenakan kerudung model ciput dengan hiasan bunga, pasti akan Sahabat NOVA temui jika hari ini membuka lama mesin pencari Google, Senin (25/11).

Perempuan tersebut adalah Ani Idrus, yang merupakan seorang tokoh di bidang pers yang berasal dari Sumatera Barat.

Ani Idris dilahirkan di Sawahlunto, Sumatera Barat, pada 25 November 1918 dan wafat di kota Medan, Sumatera Utara, pada 9 Januari 1999.

Baca Juga: Masuk Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela Merasa Jadi Anak Bawang Sampai Dites Pertanyaan oleh Wartawan dan Tidak Bisa Menjawab!

Adapun sosok Ani Idrus ditampilkan di halaman depan Google, biasa disebut doodle, untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke-101, yang jatuh pada hari ini, 25 November 2019.

Ani Idrus sendiri digambarkan sedang berpakaian rapi dengan latar belakang aneka halaman koran yang sedang ia pilih. Jika dilihat seksama, rangkaian halaman koran ini juga bertuliskan kata "Google".

Nah, jika doodle tersebut di-klik, maka kita akan disodorkan dengan hasil pencarian Google dengan kata kunci "Ani Idrus". Halaman hasil pencarian Google pun menampilkan beragam rekam jejak Ani.

Jika menceritakan jejak karirnya, Ani Idrus mulai menekuni profesi wartawan sejak tahun 1930, masa-masa di mana menjadi seorang jurnalis masih tak sebebas sekarang lantaran tertekan oleh pemerintah kolonial Belanda. Kala itu, ia berkontribusi di majalah "Panji Pustaka" Jakarta.

Baca Juga: Sosok Ananda Badudu yang Ditangkap Polisi Usai Galang Dana Aksi Mahasiswa, Mantan Wartawan dan Cucu Ahli Bahasa