Tenun Ikat Maluku Tampil dengan Sentuhan Modern di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Maluku

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 9 Januari 2020 | 14:34 WIB
Tenun Ikat Maluku Tampil dengan Sentuhan Modern di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Maluku (Indonesian Fashion Chamber)

NOVA.id – Demi mendorong pertumbuhan ekonomi di Maluku, tenun ikat Maluku motif Tanimbar jadi sektor unggulan yang menjadi perhatian Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Sejak 2017, secara berkelanjutan Bank Indonesia melakukan program pengembangan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tenun Ikat Tanimbar yang menjadi binaannya.

Program tersebut antara lain memberikan rekomendasi terkait komoditas strategis dan bentuk olahan untuk meningkatkan nilai tambah produk Tenun Ikat Tanimbar.

(Indonesia Fashion Chamber)

Baca Juga: 4 Inspirasi Gaya Fashion Oversized Sweater untuk Tetap Tampil Cantik Saat Musim Hujan

Dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Maluku Tahun 2019 yang diselenggarakan pada 12 Desember 2019 di Kota Ambon dengan mengusung tema Sinergi Transformasi Inovasi Menuju Indonesia Maju, turut digelar peragaan busana karya Desainer Wignyo Rahadi yang menggunakan Tenun Ikat Tanimbar buatan penenun binaan Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Koleksi tersebut diperagakan oleh perwakilan dari Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia, Ikatan Wanita Bank Provinsi Maluku, dan Insan Perbankan Maluku.

Baca Juga: 6 Inspirasi Gaya Tahun Baru dari Karakter Stylish di Serial Netflix