Bisa Cegah Kesehatan Mental, Kuliah Whatsapp Kini Jadi Primadona

By Nova.id, Rabu, 12 Februari 2020 | 20:11 WIB
BREAKING NEWS: Akhirnya Setelah 3 Hari Dibatasi, Kini Akses Facebook, Instagram dan WhatsApp Kembali Normal! (The Conversation)

NOVA.id - Teknologi terus mengalami perubahan dari masa ke masa, kemajuan teknologi memudahkan kita dalam menjalin komunikasi antar sesama.

Salah satunya keberadaan aplikasi chatting seperti Whatsapp yang kini mempermudah kita dalam berkomunikasi di mana saja dan kapan saja.

Sempat diperdebatkan karena memiliki dampak buruk bagi kesehatan penggunanya, ternyata studi baru menyebutkan bahwa menghabiskan waktu berinteraksi dengan teman dan keluarga di Whatsapp baik untuk kesehatan mental kita.

Baca Juga: Cegah Masalah Mental, Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Mood

Ketika seseorang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan menggunakan Whatsapp kita cenderung lebih percaya diri dan jarang merasa kesepian.

"Ada banyak debat mengenai apakah menghabiskan waktu untuk media sosial buruk bagi kesehatan kita, tapi kami menemukan hal tersebut tidak seburuk yang kita pikir," ungkap dosen senior di bidang psikologi dari Edge Hill University Dr Linda Kaye.

Sebuah studi terpisah oleh para peneliti di University of Pensylvania, yang diterbitkan pada 2018, menemukan korelasi langsung antara waktu yang dihabiskan di media sosial dengan peningkatan tingkat kecemasan, depresi, dan kesepian.

Baca Juga: Sering Pakai Kontak Lensa? Hati-Hati Ini 5 Bahaya yang Mengintai Indera Penglihatan Kita