Tak Selalu Formal, Professional Pun Bisa Bikin Kulwap lo! Seperti Apa?

By Tentry Yudvi Dian Utami, Senin, 17 Februari 2020 | 07:00 WIB
Kuliah Via Whatsapp: Solusi Belajar di Rumah Jika Ruang Gerak dan Waktu Para Ibu Terbatas (ISTOCK)

NOVA.id - Zaman dulu, menjadi pengajar rasanya sulit, ya. Selain harus punya ilmu, juga perlu punya tempat untuk mengajar. Mencari peserta juga jadi PR tersendiri.

Tapi dengan adanya belajar online, semua menjadi lebih mudah. Apalagi dengan adanya model kulwap. Kita bahkan hanya butuh smartphone dan pulsa.

Keuntungan menjadi pengajar banyak, lho! Kita bisa menyalurkan pengetahuan yang kita miliki sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga: Fungsi Lain WhatsApp: Tambah Ilmu Lewat Kulwap

Selain itu, melalui diskusi di dalam grup, bukan tak mungkin kita sebagai pengajar juga mendapat inisight menarik melalui pertanyaan para peserta. Kita pun bisa mengajar untuk dua hingga tiga kelas sekaligus.

Maka, tak heran, jika sebuah website ruang belajar online bernama Bizlab mampu mengumpulkan 30 pengajar untuk kulwap miliknya dalam waktu delapan bulan.

“Pernah sampai 400 orang yang daftar jadi pengajar. Tapi, tetap dipilih sesuai dengan pengalaman kerjanya,” jelas Aditya Dwi Putra, owner Bizlab.

Tentunya, jika kita pengin menjadi pengajar kuliah online, kita harus berpengalaman menjadi pengajar. Sebab, layaknya kursus biasa, kuliah WhatsApp juga membutuhkan silabus materi sebagai bahan pembelajaran peserta.

Baca Juga: Jadi Pengajar di Kuliah Whatsapp, Berbagi Pengalaman Sekaligus Dapat Penghasilan Tambahan Dari Rumah