Mulai dari Kisah Sungai Emas Papua Hingga Banjir Jakarta, Srihadi Suguhkan Karya Terbaiknya

By Dionysia Mayang Rintani, Jumat, 13 Maret 2020 | 18:49 WIB
Mulai dari Kisah Sungai Emas Papua Hingga Banjir Jakarta, Srihadi Suguhkan Karya Terbaiknya (dok. Srihadi Soedarsono)

 

NOVA.id – Pelukis yang dikenal dengan gayanya yang khas, Srihadi Soedarsono, menggelar pameran tunggal dan peluncuran buku SRIHADI SOEDARSONO – Man x Universe.

Pameran ini berlangsung dari 11 Maret - 9 April 2020 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta dan dibuka oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Pameran tunggal ini menampilkan 44 lukisan-lukisan bentang alam (landscape) karya maestro lukis Prof. Kanjeng Pangeran Srihadi Soerdarsono Adhikoesoemo, M.A. yang diproduksi dalam rentang tahun 2016–2020.

Baca Juga: Update Terbaru: 69 Pasien Positif Virus Corona di Indonesia, 2 di Antaranya Masih Balita

(dok. Srihadi Soedarsono)

Kurator pameran ini Dr. A. Rikrik Kusmara, M.Sn., mengelompokkan karya Srihadi dalam empat rumpun besar, yakni Social Critics (Papua Series, Bandung Series, dan Field of Salt), Dynamic (Jatiluwih Series dan Energy of Waves), Human & Nature (Mountain Series, Tanah Lot Series, Gunung Kawi Series), Contemplation (Horizon Series dan Borobudur Series)

Karya-karya yang dipamerkan antara lain Horizon – The Golden Harvest (2018), Borobudur Drawing (1948), Borobudur – The Energy of Nature (2017), Mt. Bromo – The Mystical Earth (2017), Papua – The Energy of Golden River (2017), The Mystical Borobudur (2019), dan Jakarta Megapolitan – Patung Pembebasan Banjir (2020).

Seri lukisan landscape merupakan salah satu pendekatan yang sangat dikenal menjadi ciri khas karya-karya Srihadi.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Sarapan Pagi Wajib bagi Anak Usia Sekolah