6 Tips Video Call dengan Google Hangouts Meet Buat Ibu yang Kerja dari Rumah

By Nova.id, Kamis, 19 Maret 2020 | 16:45 WIB
Ibu yang kerja di rumah atau working mom pasti sesekali lakukan video call. Ini tips buat Anda. (Rachaphak)

NOVA.id - Saat ini, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan tengah melakukan self isolation untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona ke sesama manusia.

Memasuki hari ke-4 kerja dari rumah atau wfh (work from home), setiap orang yang sehari-harinya bekerja pasti sudah memanfaatkan video call.

Bisa video call dengan rekan kerja, dengan bawahan, juga dengan bos.

Salah satu yang akhirnya juga dilakukan tentunya adalah video call berkelompok untuk menggantikan rapat tatap muka.

Baca Juga: Work from Home? Ini 6 Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Koneksi Internet yang Lemot

Problem yang umumnya dihadapi, khususnya untuk para working moms atau ibu yang kerja dari rumah adalah mengatur waktu dan tempat agar kualitas video call jadi lebih baik.

Dari pengalaman kami di NOVA, hal yang jadi pertimbangan sebelum mengikuti video call adalah kerapian dan kenyamanan lokasi lokasi, suara, serta lingkungan sekitar yang mungkin jadi tempat aktivitas anak atau pasangan.

Baca Juga: Tak Punya Ruang Kerja di Rumah? Yuk, Pakai 4 Tips Ini agar Hunian Jadi Tempat Kerja Produktif!

Agar pengalaman video call berikut jadi lebih baik, berikut 6 tips bagi ibu yang kerja di rumah untuk video call yang lebih baik dari Google.

Tips 1: Atur Tempat dengan Benar

Kalau sehari-hari kita biasanya dengan mudah mengajak teman kerja untuk duduk bersama dan membahas masalah, kali work from home seperti sekarang jadi agak sulit.

Bila Anda memang mau membicarakan masalah yang rumit atau mengeksplorasi ide, maka video call jadi pilihan yang lebih baik ketimbang chat atau email.

Namun saat melakukan panggilan, pikirkan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tutup Sementara Masjid di Mekkah dan Madinah untuk Social Distancing Virus Corona, Pemerintah Arab Saudi Modifikasi Frasa dalam Azan

Misalnya latar belakang (pilih tembok polos, dan hindari jendela yang akan memberikan cahaya belakang yang terlalu banyak).

Kalau Anda menggunakan laptop, taruhlah di tempat yang stabil.

Hindari melakukan video call dengan laptop yang dipangku, sebab goyangan-goyangan kecil selama panggilan dapat mengganggu fokus lawan bicara kita di seberang sana.