Sterililkan Tempat Kerja dan di Rumah Saja Dulu Bareng Tokopedia

By Nana Triana, Senin, 23 Maret 2020 | 10:50 WIB
Ilustrasi seorang sedang memberesihkan meja. (DOK. Shutterstock)

NOVA.id - Ternyata selain melakukan pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah maupun di tempat kerja menjadi hal yang wajib dilakukan. Semua itu demi melindungi diri dari berbagai penyakit akibat virus dan bakteri.

Tanpa kita sadari benda-benda yang kita gunakan setiap hari. Bedasarkan penelitian yang dilakukan pada 2014, benda yang paling sering kita sentuh, yaitu ponsel memiliki risiko 98 persen terkontaminasi bakteri, seperti Staphylococcus, S. aureus, dan bakteri E. Colli.

Tidak hanya itu, benda-benda seperti uang, keyboard komputer, sampai gagang pintu di kantor juga bisa menjadi tempat virus, bakteri, dan kuman menempel dan berkembang biak. Oleh sebab itu, kebersihan area kerja di kantor menjadi penting.

Baca Juga: Cek Suhu untuk Deteksi Virus? Dapatkan Termometer Terbaik di Tokopedia

Bukan hanya meningkatkan kesehatan karyawan, menjaga kebersihan lingkungan kerja juga menjadi salah satu faktor penentu produktivitas karyawan. Mengkutip dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia karya Ardana, lingkungan kerja yang aman dan sehat terbukti berpengaruh terhadap produktivitas.

Maka dari itu, mulai sekarang kita wajib rutin membersihan tempat kerja minimal satu kali dalam seminggu. Berikut ini lima cara mudah untuk menjaga kebersihan dan melakukan sterilisasi tempat kerja ala Tokopedia, dan jangan lupa untuk tetap #DiRumahAjaDulu.

1. Rutin mencuci tangan

Menurut badan kesehatan dunia WHO, mencuci tangan dengan sabun selama 20 sampai 30 detik lebih efektif membersihkan bakteri, kuman, termasuk virus.

Perlu Sahabat NOVA ketahui bahwa tangan menjadi media penularan berbagai virus penyebab penyakit seperti flu dan batuk.

Sebab sebagian orang masih menggunakan tangan untuk menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin. Padahal cara yang benar adalah dengan lipatan dalam siku. Bakteri dan virus yang menempel di tangan bisa berpindah ke tangan rekan kerja  pada saat bersalaman atau jika si sakit menyentuh benda benda lain.

2. Sediakan hand sanitizer

Sediakan gel hand sanitizer di tempat kerja untuk melindungi kita agar tetap higienis. Hand sanitizer bisa jadi alternatif mudah untuk membersihkan tangan ketika  Sahabat NOVA berada di tengah meeting atau dalam keadaan tidak bisa meninggalkan pekerjaan untuk ke toilet dan cuci tangan.