NOVA.id - Usaha memang tak membohongi hasil. Meski berawal dari chatting, Rosa Farisa berhasil menjual ribuan potong baju setiap bulan.
Terbukti, kegigihan Rosa menjual produk fashion muslim berujung manis, padahal awalnya dia hanya menjual produk itu dengan mengirim pesan ke teman-temannya secara personal.
“Aku chat mereka satu per satu, mau enggak dengan rok yang aku jual? Bersyukur, dari lima produk yang aku punya, berhasil terjual dua,” kata Rosa kepada NOVA beberapa waktu lalu.
Baca Juga: Asyik! Ini 8 Trik Jitu Datangkan Keuntungan dari Bisnis Dropship
Meski hanya terjual dua, tapi Rosa yakin produknya disukai. Itu sebabnya dia mulai memberanikan diri memesan kembali pada supplier langganannya dengan jumlah yang lebih banyak.
Sejak saat itu, tepatnya 29 Juni 2013 Rosa mulai serius membuka toko online dengan nama Faarisa. Dia sangat yakin produknya diminati.
“Produkku awalnya rok untuk pengguna hijab fashion, tapi rok yang enggak nerawang,” tambah perempuan kelahiran Yogyakarta, 31 Oktober 1991 ini serius.
Baca Juga: Mau Untung Bisnis Dropship? Ini 5 Langkah Penting Untuk Memulai
Pada tahun pertama usahanya, Rosa masih fokus dengan produk yang dijualnya.
Dengan kemampuan yang terbatas, dia berusaha memodifikasi desain produk agar tepat dengan target pasar yang dituju, yaitu pecinta modest fashion.
Dia tak segan-segan mencari inspirasi desain produk, termasuk mendengar masukan dari pelanggannya.
Baca Juga: 5 Cara untuk Kembangkan Bisnis Online agar Banyak Peminat, yuk Coba!
Ternyata usahanya tak sia-sia, karena lewat dari satu tahun Faarisa berdiri, pesanan mulai melimpah.
Bahkan dia ingat, pernah dalam satu bulan di tahun 2014, dia sampai menjual lebih dari 1.000 potong.
“Ruang tamu sudah tak muat lagi menampung, akhirnya kami pindah ke garasi,” kata perempuan yang usahanya saat itu dibantu oleh adik, ibu, dan keponakannya.
Baca Juga: Mau Buka Bisnis Online Bidang Kuliner? Ini 5 Tren Camilan di Tahun 2020 yang Bisa Dipilih!
Kini usaha Rosa tak hanya pindah ke garasi, bahkan dia membuka toko untuk memenuhi keinginan pembeli yang pengin melihat langsung produknya.
Karyawannya pun bertambah hingga 8 orang, yang menangani penjualan produk yang jumlahnya ribuan setiap bulan.
Sebagai pebisnis online, lulusan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta ini juga semakin gencar melakukan pemasaran produknya.
Baca Juga: 3 Cara Memulai Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga dari Ahli
Jika awalnya hanya mengandalkan aplikasi pesan Blackberry dan akun Instagram @faarisa.id, Rosa terus mengembangkan dirinya dengan menciptakan website toko online sendiri, bergabung dalam komunitas LINE, dan yang terakhir jualan melalui marketplace seperti Shopee.
“Kan kita harus mengikuti tren, usahakan jangan kalah levelnya dengan orang lain. Jadi kalau ada platform baru, kalau bisa kita sudah masuk ke sana,” tukas perempuan yang kepikiran akan menggunakan TikTok sebagai salah satu platform jualannya.
“Kebetulan TikTok kan lagi ngetren, tuh,” tambah Rosa.
Untuk bisa meng-update hal-hal baru tentang bisnis online, menurut Rosa ya jangan malas untuk belajar dan mengembangkan wawasannya.
Apalagi cara belajar sekarang sudah semakin modern dan mudah dijangkau, salah satunya melalui kuliah WhatsApp alias kulwap dan bergabung dengan komunitas.
Rosa yang pernah ikut kulwap dari Bolu bahkan mengaku tak ragu-ragu mengeluarkan uang untuk belajar. Wah, benar juga!
Baca Juga: Bisnis Online Ibu Rumah Tangga: Ini 6 Pilihan Usaha Kuliner untuk Tambahan Uang Jajan
Sahabat NOVA, jangan sampai ketinggalan berita dan informasi terbaru dan menarik soal selebriti dan dunia perempuan di Tabloid NOVA, ya. Dapatkan edisi terbarunya dengan berlangganan, tinggal klik di sini. (*)