Berlakukan WFH, Allianz Indonesia Jamin Tetap Beri Layanan Terbaik

By Dionysia Mayang Rintani, Selasa, 7 April 2020 | 17:42 WIB
Berlakukan WFH, Allianz Indonesia Jamin Tetap Beri Layanan Terbaik (dok. Allianz Indonesia)

 

NOVA.id – Setelah Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO), pemerintah Indonesia telah memberlakukan physical distancing.

Cara ini dilakukan sebagai langkah untuk mengurangi peluang penyebaran virus.

Pembatasan interaksi sosial ini dilakukan dengan mengeluarkan kebijakan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Fasilitasi Program Bank Sampah

Allianz Indonesia sendiri mengikuti imbauan pemerintah tersebut dengan menerapkan kebijakan work from home (WFH) sejak 16 Maret 2020 lalu.

Sambil terus menerapkan kebijakan WFH, Allianz Indonesia tetap memastikan bisnis operasional bisa tetap berjalan sehingga tak mengganggu layanan terhadap nasabah dan mitra bisnis.

Sejumlah tindakan telah dilakukan untuk menghadapi krisis akibat Covid-19.

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Sissy Prescillia Bocorkan Hobinya Curhat di Kamar Mandi Bareng Vanesha Prescilla hingga Laudya Cynthia Bella Klarifikasi tentang Kasus Penggelapan Uang

Kesemuanya dilakukan berdasarkan 3 prinsip utama, pertama yaitu memastikan kemaanan dan melindungi kesehatan karyawan Allianz Indonesia.

Kedua, tetap memberikan layanan terbaik bagi mitra bisnis dan nasabah.

Ketiga, terus berupaya mencapai target perusahaan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Hibur Diri Selama Isolasi dengan Konser Amal Sobat Ambyar di Kompas TV

Transformasi digital yang telah dilakukan Allianz Indonesia sejak beberapa tahun lalu memungkinkan hampir 95% karyawan perusahaan saat ini bisa bekerja dari rumah sambil terus memberikan layanan terbaik bagi nasabah maupun mitra bisnis.

Allianz Indonesia juga memastikan kemudahan akses ke beberapa saluran alternatif untuk memastikan agar kebutuhan nasabah & mitra bisnis terpenuhi dengan baik.

Kemudahan akses ini bisa didapat melalui layanan AllianzCare dan layanan Allianz Digital Self-Service yang dapat ditemui di www.allianz.co.id.

Baca Juga: Bosan di Rumah, Afgan Akhirnya Terjun ke Dunia TikTok dan Bikin Rossa Kegirangan Bukan Main: Aku Ceneeeng!

“Ini adalah saat di mana perlindungan kami sangat dibutuhkan oleh nasabah untuk memberikan solusi terbaik bagi mereka,” tutur Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Ia menambahkan, demi memberikan kenyamanan dan memastikan keselamatan, disarankan nasabah dan juga para mitra bisnis menggunakan digital self-service, seperti eAZy Connect, Allianz Discover, dan AZ-Net, untuk meminimalkan kontak fisik.

Sejak diberlakukannya WFH, perusahaan melakukan beberapa upaya untuk memastikan agar karyawan bisa tetap terjaga kesehatan dan produktivitasnya di masa-masa sulit seperti ini.

Baca Juga: Peduli Tenaga Medis, PT Victoria Care Donasikan 500 Jeriken Hand Sanitizer

Perusahaan melakukan monitoring secara berkala melalui virtual check point di setiap divisi terkait kondisi kesehatan karyawan, dan dilaporkan langsung ke Chief Risk Officer serta tim manajemen.

Sebelum diberlakukan kebijakan WFH, Allianz membagikan vitamin dan hand sanitizer kepada seluruh karyawan dan melakukan penyemprotan disinfektan, serta mempraktikkan physical distancing di lingkungan kantor.

Allianz terus berusaha menjaga komunikasi interaktif antar karyawannya, di antaranya dengan melakukan online meeting secara rutin untuk saling memberikan laporan dan perkembangan pekerjaan masing-masing.

Baca Juga: Mitsubishi Bawa Layanan Bengkel ke Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

 

 

Tak hanya itu, Allianz juga menginisiasi program internal seperti NgobrAZ Online (Ngobrol Bareng Allianz) di mana karyawan dapat aktif berpartisipasi dan berdiskusi seputar topik yang sedang hangat melalui aktivitas digital tersebut.

Allianz juga mengadakan Town Hall Virtual yang dihadiri oleh seluruh karyawan melalui live streaming untuk memberikan update mengenai kondisi & kinerja perusahaan.

“Dalam transformasi digital, work from home merupakan hal yang sudah cukup banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan, khususnya yang memiliki banyak karyawan dari generasi milenial,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Baca Juga: Mundipharma Indonesia dan Tokopedia Ajak Masyarakat Peduli Tim Medis dengan Sumbang APD Juga

Menurutnya, bekerja di rumah dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan work-life balance, melalui fleksibilitas waktu dan tempat bekerja, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan juga penjualan.

Allianz Indonesia juga tidak hentinya memberikan informasi kepada karyawan berupa edukasi terkait COVID-19, serta tips untuk jaga produktivitas saat bekerja di rumah, dan cara menjaga kesehatan fisik dan mental, di tengah pandemi global yang sedang berlangsung.

Karyawan yang ingin mengisi waktu dan menambah pengetahuan juga bisa mengakses LinkedIn Learning yang difasilitasi perusahaan.

Baca Juga: Pabrik Yamaha Libur karena Corona, Gimana Nasib yang Inden Motor All New Yamaha NMAX?

Melalui platform ini, karyawan dapat membangun keahlian pada berbagai topik, khususnya yang bisa mendukung dalam memberikan solusi bagi nasabah.

Dalam kondisi yang menantang seperti ini, Allianz Indonesia berusaha untuk terus menghadirkan solusi terbaik dan layanan prima kepada seluruh nasabah.(*)

Sahabat NOVA, jangan sampai ketinggalan berita dan informasi terbaru dan menarik soal selebriti dan dunia perempuan di Tabloid NOVA, ya. Dapatkan edisi terbarunya dengan berlangganan, tinggal klik di sini.