Selain Rutin Cuci Tangan, Sebaiknya Pilih Kloset Duduk untuk Cegah Covid-19

By Dionysia Mayang Rintani, Jumat, 10 April 2020 | 18:15 WIB
Selain Rutin Cuci Tangan, Sebaiknya Pilih Kloset Duduk untuk Cegah Covid-19 (dok. Toto Indonesia)

NOVA.id – Untuk cegah penularan corona virus, salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah menjaga gaya hidup kita tetap higienis.

Dilansir dari Forbes, Asosiasi untuk Profesional dalam Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi (APIC), Amerika Serikat memperingatkan bahwa virus covid-19 dapat juga disebarkan melalui cipratan kotoran tinja atau urin saat berada di toilet umum yang dikenal sebagai aerosolized feces.

APIC juga menyatakan, apabila seseorang harus menggunakan toilet umum di tengah pandemi covid-19, maka ia wajib menutup tutup kloset terlebih dahulu saat akan mem-flush kotorannya.

Baca Juga: Soraya Larasati Lapor Polisi dan Berharap Pelakunya Diazab Usai Jadi Korban Pelecehan Seksual Saat Berlari

(dok. Toto Indonesia)

Karena, cipratan kotoran tinja atau urin dapat keluar dari kloset ke udara dan hal tersebut dapat menyebarkan penyakit.

Lebih lanjut, Qingyan Chen, seorang Profesor Teknik Mesin dari Universitas Purdue, Amerika Serikat mengatakan, untuk menghindari covid-19 saat akan menggunakan menggunakan toilet umum, maka seseorang harus mencuci tangannya, menggunakan sarung tangan atau handuk kertas ketika memegang gagang pembilas dan menekan tombol flush kloset. 

Dan untuk meminimalkan periode kontaminasi, sebaiknya ia  menunggu selama satu atau dua menit setelah toilet digunakan orang lain.

Baca Juga: Cegah Covid-19, ONDA Kampanyekan Cara Cuci Tangan yang Efektif