Softex Mengapresiasi Pahlawan Pandemi Perempuan di RS Darurat Wisma Atlet

By Kaina Harini, Selasa, 21 April 2020 | 19:42 WIB
Softex Indonesia yang diwakili Ekayani Go dan tim menyerahkan Donasi Kepada Kolonel Stefanus Donny selaku Koordinator Oprasional RS Darurat Penanganan Covid-19 yang didampingi oleh para dokter. (DOK. KG Media) (KG Media)

Nova.id - Hingga saat ini, angka pasien positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Terdapat 6.575 kasus positif dengan 686 pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

Di Jakarta sendiri terdapat 3.023 kasus positif Covid-19. Laporan yang dilansir dari Kompas.com menyatakan Minggu (19/04/2020) Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet kemayoran memiliki total 676 pasien.

Sedangkan menurut keterangan dokter Gladya Utami, dari total tenaga medis yang terdiri dari dokter dan suster yang bertugas di RS Darurat Wisma Atlet, dan hampir 80 persennya adalah perempuan.

Maka dari itu penambahan pasien yang kian hari kian banyak tak dipungkiri membuat tenaga medis sebagai garda terdepan melawan Covid 19 cukup kesulitan. 

Baca Juga: Terus Berinovasi, Softex Rilis Produk Softex Daun Sirih Terbaru dengan 9 Extra Protection

Demi merawat para pasien dan tetap menjaga keselamatan diri, para petugas medis tersebut harus mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa pakaian hazmat selama satu shift atau lebih dari 8 jam bekerja.

“Sesama petugas medis harus saling menjaga saat sedang pemakaian ataupun pelepasan APD, setidaknya kami membutuhkan 20 hingga 30 menit untuk mengenakannya sebelum shift dimulai,” jelas dokter Gladya.

Selanjutnya rekan sejawat dokter Gladya, yaitu dokter Annisa Ayu Asmiragani menjelaskan bahwa selama shift kerja petugas medis tidak bisa makan, minum, ataupun ke kamar kecil, karena APD tidak begitu saja bisa buka pakai.

Terlepas dari apapun pandemi atau wabah penyakit yang terjadi, normalnya seorang perempuan pasti mengalami masa menstruasi setiap sebulan sekali, para petugas medis perempuan yang kini sedang berjuang melawan virus corona pun tak luput dari siklus ini.

Baca Juga: Bukti Pengorbanan Diri Demi Melayani Pasien Covid-19, Ini Deretan Foto Para Petugas Medis dengan Wajah Lebam Merah Nyaris Berdarah

Mengerti bagaimana kebutuhan perempuan saat haid, khususnya petugas medis yang tetap bekerja meskipun sedang dalam siklus menstruasi dan harus mengenakan APD, PT Softex Indonesia tergerak untuk mengapresiasi Pahlawan Pandemi Perempuan di RS Darurat Wisma Atlet.

Bertepatan dengan Hari Kartini 21 April 2020, Hampir sebanyak 10 ribu Softex Celana Menstruasi didonasikan oleh Softex Indonesia yang bekerja sama dengan Kompas Gramedia Group untuk tenaga medis perempuan di Wisma Atlet, baik dokter, perawat, dan relawan.