Menuju Bulan Ramadan, Coba Mulai Ajari Si Kecil untuk Bersedekah

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 22 April 2020 | 21:00 WIB
Menuju Bulan Ramadan, Coba Mulai Ajari Si Kecil untuk Bersedekah (The Journal)

NOVA.id - Menyambut bulan suci Ramadan, ada banyak hal yang bisa kita ajarkan pada si kecil mengenai kehidupan spiritualnya.

Mulai dari mengajarkan anak berpuasa, mengaji, salat, hingga mengajarinya untuk bersedekah.

Ya, di momen suci dan penuh berkah ini, kebiasaan bersedekah bisa menjadi salah satu pembelajaran penting bagi si kecil di samping berpuasa.

Baca Juga: Untuk Orang Tua, Yuk Ajari Anak untuk Rajin Berjemur agar Daya Tahan Tubuh Buah Hati Tetap Terjaga di Tengah Pandemi dan Menuju Ramadhan! 

Asal tahu saja, membiasakan anak untuk bersedekah sejak dini akan melatih anak untuk lebih peka dan memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi.

Tentu, ini baik untuk pengembangan karakter anak dan akan menjadi bekal di masa depan ketika ia harus hidup di tengah masyarakat dan dunia.

“Berbagi adalah keterampilan hidup yang penting. Kemampuan berbagi ini harus dipelajari oleh bayi, balita, dan anak-anak, sehingga mereka dapat belajar berinteraksi dengan baik, berteman dan bermain bersama anak-anak sebayanya, dan orang-orang di lingkungan sekitarnya secara kooperatif,” ujar Elizabeth Santosa, M.Psi., psikolog.

Baca Juga: Ibu, Tubuh Si Kecil Dapat Melawan Virus Asalkan…