Disiarkan Secara Langsung, Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1441 Hijriah akan Digelar Sore Hari Ini dan Berikut Rangkaiannya

By Alsabrina, Kamis, 23 April 2020 | 14:50 WIB
Sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1441 H (kolase Kompas.com)

NOVA.id - Sidang isbat penetapan awal bulan Ramadhan 1441 Hijriah akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis (23/4/2020) sore.

Mengingat Covid-19 masih menjadi pandemi, sidang akan digelar melalui video telekonferensi.

"Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan," kata Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/04/20) silam.

Baca Juga: Untuk Orang Tua, Yuk Ajari Anak untuk Rajin Berjemur agar Daya Tahan Tubuh Buah Hati Tetap Terjaga di Tengah Pandemi dan Menuju Ramadhan!

"Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama," lanjutnya. Sebagaimana biasanya, sidang isbat akan dibagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama ialah paparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah oleh anggota tim falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Paparan ini akan disiarkan secara live streaming melalui situs web dan medsos Kemenag. Pada sesi ini akan disediakan ruang dialog, sehingga masyarakat dan media bisa ikut berpartisipasi.

Baca Juga: Jadi Secercah Harapan Baru, Presiden Jokowi Optimis Wabah Virus Corona di Indonesia akan Segera Berakhir pada Juli Jika Bisa Lakukan Satu Hal Ini