Yuk, Kita Rencanakan Lebaran Online dari Sekarang agar Semua Happy!

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 13 Mei 2020 | 09:00 WIB
Yuk, Kita Rencanakan Lebaran Online dari Sekarang agar Semua Happy! (iStock)

NOVA.id- Hari Raya Idul Fitri segera tiba, perayaan kemenangan ini pasti sangat ditunggu oleh segenap umat muslim di seluruh dunia setelah satu bulan penuh menjalani ibadah puasa.

Namun, Lebaran 2020 ini akan dirayakan secara berbeda, ya, karena kita akan merayakannya di rumah saja. Khususnya di Indonesia, mudik sudah jadi tradisi merayakan Lebaran.

Di saat mudik, biasanya kita akan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga besar di rumah orangtua, salat bersama, bermaafmaafan, makan bersama, bertamu ke rumah sanak saudara lainnya, berbagi rezeki dengan membagikan amplop ke anak-anak, berbagi oleh-oleh, sungkem, ziarah, bertemudan bermain dengan teman masa kecil, hingga mungkin melipir sejenak untuk piknik bersama.

Baca Juga: Mudik di Larang, Rossa Kangen Masakan Kampung Halaman Bikin Dirinya Ingin Bawa Sumedang ke Jakarta karena Lebaran 2020 di Rumah Aja

Untuk yang tak mudik, biasanya kita akan berkumpul dengan keluarga besar yang ada di kota yang sama.

Tetap, intinya bermaafmaafan dan berkumpul serta berbagi keceriaan bersama, tapi, sekarang itu semua tak bisa kita lakukan.

Apakah lalu kita harus melalui Lebaran ini dalam suasana muram tanpa kegiatan bersama keluarga—baik keluarga di kampung maupun keluarga di rumah?

Tentunya tidak.

Baca Juga: Putuskan Tidak Mudik dan Lebaran 2020 di Rumah Aja, Rossa Perdana Lebaran Berdua di Jakarta: Kangen Sekali Lebaran di Sumedang