Neraca Dagang Pertanian Positif, Indonesia Siap Ekspor Berbagai Sayuran untuk Bantu Petani di Tengah Pandemi Covid-19

By Ratih, Senin, 25 Mei 2020 | 23:00 WIB
Ilustrasi pedagang sayur (Tribunnews)

NOVA.id - Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto menyatakan, beberapa jenis sayuran daun segar produksi Indonesia bisa diekspor karena pasokan dalam negeri melimpah, Senin (25/05/2020).

Menurut dia, sayuran segar produksi dalam negeri yang bisa diekspor tersebut, yakni selada, bayam, kangkung, kubis, wortel.

"Dalam masa pandemi kita lihat sendiri, petani sampai kesulitan menjualnya karena produksi melimpah. Kami bantu petani memasarkan, bahkan kami bantu distribusinya," jelas Prihasto.

Baca Juga: Desainer Hendri Budiman Rilis Masker Bermotif Unik yang Bikin Tampilan Tetap Kece saat Hadapi Keadaan New Normal Usai PSBB Covid-19

Tak hanya itu, ia menegaskan produksi pertanian dan sayuran segar dalam negeri masih sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di tengah suasana Idul Fitri dan selama masa pandemi Covid-19 ini.

Terkait hal tersebut, pihaknya berharap, momen pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat semakin mencintai produk lokal petani Indonesia.

"Hal ini dikarenakan kekayaan ragam buah dan sayuran lokal lebih sehat dan menolong petani itu sendiri," kata Prihasto.

Baca Juga: Umur Tak Jadi Halangan, Nenek Asal Iran Ini Berhasil Sembuh dari Virus Corona di Usia 107 Tahun