Deretan Masakan Berkuah yang Lezat Disantap Saat Lembur di Rumah

By Nana Triana, Rabu, 24 Juni 2020 | 19:20 WIB
Ilustrasi makanan yang nikmat disantap saat cuaca dingin. (Dok. Shutterstock)

NOVA.id- Bagi Anda yang saat ini masih bekerja di rumah, pernahkah menyadari saat berlama-lama berada di kamar dengan pendingin ruangan membuat Anda cepat lapar? Anda tentunya penasaran mengapa ini terjadi.

Ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa ketika berada di suhu dingin nafsu makan semakin bertambah. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam European Journal of Clinical Nutrition, perubahan suhu berpengaruh terhadap kebiasaan makan seseorang.

Tubuh mengalami perubahan metabolisme menyesuaikan dengan suhu ruangan. Saat kedinginan, tubuh akan melakukan berbagai cara untuk menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan hangat. Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak energi sehingga memicu timbulnya rasa lapar.

Rasa lapar merupakan suatu mekanisme tubuh untuk memberitahu Anda bahwa tubuh membutuhkan makanan. Tapi terkadang rasa lapar muncul di waktu yang tidak tepat, misalnya saat tengah malam atau siang menjelang sore hari.

Baca Juga: Kembali Bekerja di Fase New Normal, Persiapkan Beberapa Hal Berikut Ini

Nah, bila Sahabat NOVA tiba-tiba merasa lapar saat sedang lembur di ruang ber-AC, deretan makanan berkuah ini bisa menjadi pilihan untuk disantap.

Selain rasa lapar hilang, Sahabat NOVA pun bisa kembali bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Berikut ini, beberapa rekomendasi makanan hangat berkuah yang bisa jadi pilihan.

  1. Soto

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu, daging, dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging kambing.

Seiring perkembangan zaman, soto menyebar ke seluruh wilayah Nusantara dan dimodifikasi sesuai selera penduduk masing-masing daerah.

Baca Juga: Ada Wacana Sekolah Kembali Dibuka, Yuk Mulai Rancang Menu Bekal Anak

Di Jawa Tengah misalnya, ada beberapa jenis soto yang berbeda, seperti soto kudus, soto purbalingga, soto sokaraja, soto wonogiri, soto pekalongan. Di Jakarta, ada soto betawi yang gurih dancreamy dari santan, berpadu dengan daging sapi.

  1. Sup sayur

Supsalah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang nikmat dihidangkan saat cuaca dingin. Cita rasa gurih sekaligus segar membuat sup sangat digemari. Tidak hanya itu sup kaya akan vitamin, salah satunya yakni vitamin A yang terdapat dari potongan wortel.