Ini 4 Cara Bikin Koten Viral di Media Sosial Biar Dagangan Laris Manis

By Tentry Yudvi Dian Utami, Kamis, 17 September 2020 | 13:31 WIB
Ini 4 Cara Bikin Koten Viral di Media Sosial Biar Dagangan Laris Manis (iStock)

 

NOVA.id - Belakangan ini banyak brand memanfaatkan kesuksesan film pendek berjudul Tilik untuk meningkatkan nilai pemasaran mereka.

Kehadiran pemeran Bu Tedjo, yang dikenal suka nyinyir dan bergosip, banyak dipakai brand jadi kalimat-kalimat menarik dan berbau promosi.

Seperti yang pernah dilakukan akun Instagram Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK), yang pernah mengunggah ilustrasi Bu Tedjo dengan kalimat ‘Dian kan nembe kerjo, wis HP ne anyar, motore barang yo anyar lho. Lha, mosok dewek’e durung terdaftar ning BPJSOSTEK (Dian kan baru kerja, udah HP nya baru, motornya juga baru lho. Masa dia belum terdaftar di BPJSOSTEK).

Baca Juga: Untung Banget! Ini 5 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga di Tengah Pandemi Covid-19

Kalimat berbahasa Jawa yang mengandung sindiran ini jadi andalan para pelaku usaha untuk mengangkat brand mereka. Mulai kuliner sampai jualan baju, banyak brand juga ikut-ikutan fenomena Bu Tedjo.

Mengapa ini bisa terjadi?

Menurut Yuswohady, pengamat branding dan marketing dari Inventure Indonesia, dalam strategi marketing digital bikin konten viral bisa membantu meningkatkan awareness sebuah brand.

“Jadi orang pas lihat kontennya pengin kunjungi Instagram, kenal brand itu, dan nyoba beli juga. Tapi membuat konten viral itu enggak mudah, karena di era digital ini, viral hari ini belum tentu besok (juga viral),” jelas Yuswodahy.

Baca Juga: Virtual Event, Solusi bagi Para Event Organizer Hadirkan Acara Online