Ciptakan Lingkungan Positif bagi Orang dengan Demensia di Masa Pandemi

By Dionysia Mayang Rintani, Selasa, 22 September 2020 | 22:00 WIB
Ciptakan Lingkungan Positif bagi Orang dengan Demensia di Masa Pandemi (istock)

NOVA.id – Memperingati bulan Alzheimer sedunia ke-9, Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) kembali menyelenggarakan webinar bertema “Let’s Talk About Dementia” atau “Mari Berbicara Seputar Demensia”.

Webinar yang berlangsung pada Sabtu, 19 September 2020 ini membahas “Menciptakan Kehidupan yang Bermakna Bagi Orang dengan Demensia dan Family Caregivers” yang sekaligus menjadi puncak rangkaian acara webinar bulan Alzheimer di Indonesia.

Webinar kali ini dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan perwakilan Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: Tips Rawat dan Dampingi Orang dengan Demensia dari Alzheimer Indonesia

Pada sambutan tersebut, Bapak Presiden melalui Menteri Terawan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ALZI yang secara konsisten membangun rasa kepedulian masyarakat terhadap ODD dan keluarga.

“Masyarakat memerlukan organisasi seperti Yayasan Alzheimer Indonesia yang terus mengingatkan kita akan bahaya penyakit demensia Alzheimer dan berhenti memakluminya,” ucap  Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto yang membacakan langsung sambutan dari Presiden Joko Widodo.

“Cukup banyak tantangan yang dihadapi oleh keluarga dan ODD pada kegiatan sehari-hari, namun pendampingan dari para caregivers inilah yang patut kita dukung dalam merawat kesehatan pasien.”

Baca Juga: Mari Tingkatkan Kepedulian terhadap Demensia Alzheimer Lintas Generasi di Tengah Pandemi Covid-19