NOVA.id – Kebanyakan mal menjadi pilihan untuk gelaran festival dengan konsep booth, tapi beda dengan Jakarta Dessert Week.
Enam pendiri JDW yaitu Arimbi Nimpuno Probosutedjo, Gupta Sitorus, Kevindra Soemantri, Primo Rizky, Talita Setyadi, dan Tria Nuragustina melakukan kuratorial, mencari pastry shop, dan talenta yang memiliki narasi dessert yang baik dan menyumbang warna tersendiri pada lanskap dessert ibukota.
JDW juga menjadi satu-satunya festival di Indonesia yang menantang partisipan untuk menciptakan dessert tematik.
Baca Juga: Hari Es Krim Sedunia, Rayakan dengan Bikin Es Krim Doger ala Rumahan Yuk! Dijamin Segar!
Tema tahun lalu, Retro, dikaitkan dengan tren cita rasa tempo dulu.
JDW 2019 sukses memilih 15 pastry shop di Jakarta dan menggelar 18 sesi experiences (pop-up dining, dessert pairing, hingga dessert talk).
Stamp Card diberikan untuk melacak top spender.
Partisipan JDW 2019 sendiri antara lain La Patisserie (Four Seasons Hotel Jakarta); Cold Moo x Mother Monster; Namelaka; TWG; BEAU Bakery, Honest Spoon x Yuda Bustara; The Pancake & Co; Social Affair; NUSA Gastronomy; hingga Lewis & Carroll Tea.
Baca Juga: Ingin Makan yang Manis-Manis? Coba Buat Dessert In a Box Kekinian yang Bisa Goyang Lidah
Kini, JDW 2019 hadir dengan misi serupa, membangun platform kreatif bagi pelaku pastry dengan mengangkat tema Magical.
Di tengah pandemi, konsep offline JDW beradaptasi.
“Sektor F&B adalah salah satu sektor yang terdampak paling berat saat pandemi. Untuk itu kami terpanggil untuk membantu teman teman di sektor ini dengan tetap melaksanakan JDW namun dengan konsep yang berbeda yaitu online festival berkolaborasi dengan Tokopedia,” kata Gupta Sitorus.
JDW 2020 bermitra dengan Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, menghadirkan online dessert festival pertama di Indonesia.
Baca Juga: Resep Lava Cake Milo, Cemilan Manis yang Bisa Tingkatkan Mood Seharian!
Pada 5-25 Oktober 2020, hadir kampanye JAKARTA DESSERT WEEK At Home, memanjakan penikmat dessert tanpa perlu keluar rumah.
AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, mengungkapkan, “Tokopedia selalu berupaya membantu pegiat usaha lokal, termasuk dari industri makanan dan minuman, mendapatkan panggung seluas-luasnya untuk dapat beradaptasi di tengah pandemi.”
“Hal ini dilakukan lewat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, salah satunya Jakarta Dessert Week.”
Jessica melanjutkan, “Harapannya, kolaborasi ini juga dapat mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk makanan dan minuman, seperti makanan manis, tanpa keluar rumah. Mengingat belanja online juga dapat menurunkan risiko penularan virus di tempat ramai.”
Baca Juga: Tak Selalu Sulit, Perhatikan 3 Hal Penting Ini Agar Puding Lapis Bisa Menempel dengan Sempurna
Terpilih 63 brand, termasuk pelaku online populer, seperti Ann’s Bakery & Creamery, Dough Lab, Exquise Patisserie, Gelato Secrets, Fuwa-Fuwa World, Titik Temu Coffee, Manatea Soft Serve, Momoiro Bakes, North Pole Gelato, Pipiltin Cocoa, Sucre by Sheila, dan lainnya.
Baca Juga: Resep Kue Ulang Tahun ala Kerajaan Inggris untuk Rayakan Hari Lahir Sang Ratu, Coba Yuk di Rumah
Ini menjadi kampanye festival yang terlama di Tokopedia, demi keleluasaan waktu bagi penikmat dalam mencoba sebanyak-banyaknya limited edition dessert karya merchant Tokopedia.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)