GrabFood Temukan Fakta Menarik Kebiasaan Ngopi Masyarakat Indonesia Sepanjang Pandemi

By Nana Triana, Kamis, 8 Oktober 2020 | 16:01 WIB
Ilustrasi kopi susu. (Dok. Shutterstock.com)

NOVA.id – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kopi adalah bagian dari gaya hidup. Kopi dinikmati di segala suasana, baik saat santai maupun saat tengah didera tenggat waktu pekerjaan.

Tidak hanya itu, semenjak coffee culture mengemuka di kalangan masyarakat, penikmat kopi tidak puas hanya dengan menyesap secangkir kopi bercita rasa tinggi.

Mereka ingin mengetahui asal biji kopi yang digunakan untuk membuat secangkir kopi yang mereka nikmati, mempelajari beragam cara membuatnya, hingga kreatif mencari cara-cara paling nikmat menikmatinya.

Khusus untuk cara menikmati, pandemi Covid-19 sedikit banyak ternyata juga mengubah hal yang satu ini.

Baca Juga: Grab Hadirkan Kembali GrabWheels sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan

Adaptasi kebiasaan baru membuat masyarakat tidak bisa berlama-lama duduk di kafe untuk menikmati kopi. Penikmat kopi pun mencari cara-cara yang aman dan sehat untuk mengonsumsi minuman kesukaannya tersebut.

Kopi dari kafe-kafe kesukaan dinikmati di rumah masing-masing. Layanan pesan antar makanan dan minuman menjadi andalan.

Bertepatan dengan Hari Kopi Nasional (HKN) GrabFood sebagai layanan pesan antar makanan di Indonesia menganalisa kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia selama pandemi.  GrabFood merekam, mulai April hingga September 2020, terdapat 4 cara baru yang menarik untuk menikmati kopi. 

  1. Memesan dalam jumlah lebih besar

Menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, para penggemar kopi kini memesan kopi dalam jumlah yang besar untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga yang bekerja dari rumah.

Baca Juga: Kejar Kabar GrabFood: Rekomendasi Makan Mewah dan Hemat dari Presenter Kondang Tanah Air

Sebelum masa pandemi, biasanya pelanggan hanya memesan satu gelas per pesanan. Kini, mereka umumnya memesan tiga gelas kopi.

Menanggapi permintaan yang kian meningkat, para mitra merchant kopi di GrabFood menjawab kebutuhan ini dengan cara menawarkan paket kopi dalam jumlah banyak. Selain promo bundling beli satu gratis satu, merchant juga menghadirkan varian kopi dalam kemasan botol 1 liter.