GrabFood Temukan Fakta Menarik Kebiasaan Ngopi Masyarakat Indonesia Sepanjang Pandemi

By Nana Triana, Kamis, 8 Oktober 2020 | 16:01 WIB
Ilustrasi kopi susu. (Dok. Shutterstock.com)

NOVA.id – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kopi adalah bagian dari gaya hidup. Kopi dinikmati di segala suasana, baik saat santai maupun saat tengah didera tenggat waktu pekerjaan.

Tidak hanya itu, semenjak coffee culture mengemuka di kalangan masyarakat, penikmat kopi tidak puas hanya dengan menyesap secangkir kopi bercita rasa tinggi.

Mereka ingin mengetahui asal biji kopi yang digunakan untuk membuat secangkir kopi yang mereka nikmati, mempelajari beragam cara membuatnya, hingga kreatif mencari cara-cara paling nikmat menikmatinya.

Khusus untuk cara menikmati, pandemi Covid-19 sedikit banyak ternyata juga mengubah hal yang satu ini.

Baca Juga: Grab Hadirkan Kembali GrabWheels sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan

Adaptasi kebiasaan baru membuat masyarakat tidak bisa berlama-lama duduk di kafe untuk menikmati kopi. Penikmat kopi pun mencari cara-cara yang aman dan sehat untuk mengonsumsi minuman kesukaannya tersebut.

Kopi dari kafe-kafe kesukaan dinikmati di rumah masing-masing. Layanan pesan antar makanan dan minuman menjadi andalan.

Bertepatan dengan Hari Kopi Nasional (HKN) GrabFood sebagai layanan pesan antar makanan di Indonesia menganalisa kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia selama pandemi.  GrabFood merekam, mulai April hingga September 2020, terdapat 4 cara baru yang menarik untuk menikmati kopi. 

  1. Memesan dalam jumlah lebih besar

Menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, para penggemar kopi kini memesan kopi dalam jumlah yang besar untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga yang bekerja dari rumah.

Baca Juga: Kejar Kabar GrabFood: Rekomendasi Makan Mewah dan Hemat dari Presenter Kondang Tanah Air

Sebelum masa pandemi, biasanya pelanggan hanya memesan satu gelas per pesanan. Kini, mereka umumnya memesan tiga gelas kopi.

Menanggapi permintaan yang kian meningkat, para mitra merchant kopi di GrabFood menjawab kebutuhan ini dengan cara menawarkan paket kopi dalam jumlah banyak. Selain promo bundling beli satu gratis satu, merchant juga menghadirkan varian kopi dalam kemasan botol 1 liter.

Varian tersebut kemudian menjadi tren baru. Semakin banyak merchant menyediakannya sehingga pilihan pelanggan pun semakin beragam.

Baca Juga: Buka di Makassar dan Malang, Cloud Kitchen Grab Jadi yang Terbesar di Indonesia

  1. Jadi teman saat bekerja

Berdasarkan analisis selama enam bulan, tim GrabFood berhasil menemukan rentang waktu paling sibuk pemesanan kopi adalah pukul 14.00 hingga 16.00. Durasi waktu tersebut dianggap sebagai jam produktif untuk bekerja.

Selanjutnya, waktu tersibuk kedua adalah jam makan siang, pukul 12.00 hingga 14.00 untuk membantu mengatasi kantuk setelah makan siang.

  1. Kopi susu tetap jadi pilihan

Kopi susu masih menjadi primadona di Indonesia. Berdasarkan data dari mitra kedai kopi paling laris di platform GrabFood, mayoritas pemesanan kopi di Indonesia didominasi oleh kreasi kopi susu. Variannya beragam, mulai dari kopi susu gula aren, vanila, hingga karamel.

Kopi susu dalam kemasan 1 liter dengan varian-varian tersebut pun menjadi pilihan.

Baca Juga: Kolaborasi dengan GrabMart, MPPA Bawa Pengalaman Belanja Baru

  1. Cokelat dingin sebagai selingan

Sesekali, para penggemar kopi di Indonesia memesan menu yang tidak mengandung kafein sebanyak kopi.

Pilihan utama konsumen jatuh kepada coklat dingin. Berdasarkan analisis pemesanan dari  5 merchant favorit konsumen Indonesia, coklat dingin selalu menempati tiga besar pesanan terbanyak dari konsumen GrabFood.

Itulah beberapa fakta yang ditemukan GrabFood terkait kebiasaan ngopi sepanjang pandemi. Di tengah situasi seperti sekarang ini keselamatan tetap menjadi prioritas utama.

GrabFood sebagai layanan pesan antar menggalang langkah pencegahan penularan Covid-19 bersama para merchant dan mitra.

Baca Juga: Grab Tawarkan Cara Bangkit dan #TerusUsaha Kumpulkan Cuan di Tengah Pandemi

GrabFood bersama dengan para mitra dan merchant telah meningkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-antar Makanan yang mencakup penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat.

Pelanggan juga dapat memilih pengantaran tanpa kontak sebagai perlindungan ekstra. Untuk informasi lebih lanjut mengenai inisiatif Grab selama pandemi Covid-19, kunjungi laman berikut ini.