5 Fitur Baru dari Google, Bikin Sekolah Online Anak Makin Nyaman

By Dionysia Mayang Rintani, Kamis, 15 Oktober 2020 | 10:01 WIB
5 Fitur Baru dari Google, Bikin Sekolah Online Anak Makin Nyaman (istock)

 

NOVA.id - Banyak ketidakpastian dan perubahan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir akibat pandemi covid-19.

Salah satunya, dalam dunia pendidikan.

Google sendiri telah mengembangkan alat dan fitur yang bisa memudahkan guru, pimpinan sekolah, keluarga, dan terutama siswa yang telah bekerja keras untuk belajar dari rumah.

Merayakan momen kembali bersekolah melalui The Anywhere School, Google mengumumkan berbagai hal baru seputar Google for Education kepada ribuan penonton di puluhan negara secara global.

Baca Juga: Dibuat Pusing dengan Sekolah Online Bilqis, Ayu Ting Ting Mengaku Jadi Sering Menangis

Terinspirasi oleh masukan para penggunanya, Google membagikan informasi tentang lebih dari 50 fitur baru untuk Meet, Classroom, G Suite, dan banyak produk lainnya.

Berikut ini ulasan umum mengenai hal-hal baru dari kami.

Pengalaman Meet yang Lebih Aman dan Lebih Interaktif

Sebelumnya tahun ini, Google mengumumkan sejumlah fitur baru Google Meet untuk mempermudah pengajar dalam memoderasi kelas dan meningkatkan interaksi.

Pada September, Google menyediakan tata letak bersusun dengan tampilan lebih besar yang dapat menampilkan hingga 49 orang dan papan tulis Jamboard terintegrasi untuk mendukung kolaborasi.

Google juga meluncurkan beberapa kontrol baru sehingga moderator dapat memilih untuk selalu menjadi yang pertama bergabung, mengakhiri rapat atau kelas untuk semua peserta, menonaktifkan chat selama rapat atau kelas, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Mudah Atasi Stres dan Bosan pada Orangtua Selama Bimbing Anak Belajar dari Rumah

Pada Oktober, Google meluncurkan latar belakang kustom dan buram untuk memberikan privasi ekstra.

Sesi kerja kelompok dan pemantauan kehadiran juga akan diluncurkan untuk semua pelanggan Google Enterprise for Education, memungkinkan kelas menjadi lebih interaktif dan memberikan data yang bermanfaat tentang partisipasi.

Berikutnya pada tahun ini, Google akan meluncurkan fitur “mengacungkan tangan” bagi semua pelanggan serta fitur tanya jawab dan jajak pendapat bagi pelanggan G Suite Enterprise for Education.

Selain itu, Google akan meluncurkan fitur perekaman sementara yang akan tersedia gratis bagi semua pelanggan Education (perekaman premium akan masih menjadi bagian dari G Suite Enterprise for Education).

Baca Juga: Isi Waktu Luang Anak dengan Ikut Kelas Menggambar Ilustrasi Bersama Animator Bobo, Begini Cara Mendaftarnya