Bisnis Kesehatan dan Kecantikan Tumbuh 3 Kali Lipat, Kemenkop Gelar Kirana Nusantara, Seperti Apa?

By Tentry Yudvi Dian Utami, Jumat, 16 Oktober 2020 | 15:03 WIB
Bisnis Kesehatan dan Kecantikan Tumbuh 3 Kali Lipat, Kemenkop Gelar Kirana Nusantara, Seperti Apa? (Kemenkop)

 

NOVA.id - Di tengah badai pandemi yang telah memporak-porandakan berbagai sektor ekonomi, pelaku UMKM yang menjalankan bisnisnya secara online justru mengalami kenaikan.

Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku belanja konsumen pada masa PSBB.

Selama menjalankan aktivitas di rumah saja, konsumen banyak memilih berbelanja online demi menjaga jarak dengan orang luar, serta menghindari kerumunan.

Baca Juga: Pendaftaran BLT UMKM Tahap 2 Resmi Diperpanjang Sampai Akhir November

Jenis barang yang dibeli pun merupakan produk kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman, alat-alat penunjang kebutuhan bekerja dan sekolah di rumah, produk kecantikan untuk perawatan penampilan selama masa PSBB, serta produk-produk kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak heran selain makanan, produk kesehatan dan kecantikan menjadi produk yang dicari dalam daftar belanja online masyarakat.

Produk kecantikan mencatatkan rekor penjualan online 40-50 juta per unit selama April-Juni. Sementara produk kesehatan turut mengalami kenikan 3 kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pembalap Valentino Rossi Positif Covid-19, Pihak Yamaha Beberkan Kronologi

Melihat hal ini, Kementerian Koperasi Republik Indonesia (Kemenkop RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk kesehatan dan kecantikan di Indonesia.

Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor kesehatan dan kecantikan  ikut ambil bagian dalam acara ini.

Jumlah UMKM ini merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop.

Baca Juga: Peringatan No Bra Day, Ajak Perempuan Lebih Waspada soal Kanker Payudara 

“Pelaku UMKM di sub sektor kesehatan dan kecantikan adalah contoh konkret sebuah bisnis bisa bertahan di masa pandemi. Dengan memanfaatkan momentum dan kebutuhan konsumen, bisnis akan tetap lancar lewat online. Lewat acara ini, Kemenkop juga menegaskan dukungan kami terhadap seluruh UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya secara online ,” ujar Victoria br. Simanungkalit, selaku Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM.

Acara yang diberi titel Kirana Nusantara ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020.

Adapun pemilihan nama Kirana, diambil dari bahasa sansekerta yang memiliki arti menawan, cantik, bersinar, karena cantik luar dan dalam.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)