Bepergian dengan Mobil Pribadi, Ini Tips Supaya Tetap Waras Saat Terjebak Macet

By Content Marketing, Kamis, 5 November 2020 | 16:17 WIB
Ilustrasi situasi terjebak macet selama perjalanan (Dok. Shutterstock)

NOVA.id – Bepergian dengan mengendarai mobil pribadi memang lebih nyaman dan praktis, terlebih memasuki musim hujan seperti saat ini.

Nah, opsi mengendarai mobil pribadi juga lebih dipilih untuk beraktivitas di luar rumah atau menikmati liburan long weekend di tengah pandemi. Pasalnya, menaiki sarana transportasi umum juga berisiko.

Meski begitu, tak jarang mengemudi di jalanan terasa melelahkan, apalagi ketika situasi jalanan yang padat dan penuh kemacetan. Kalau bisa, rasanya ingin terbang saja.

Kemacetan ini, faktanya merupakan hal yang umum terjadi di berbagai kota besar. Musim liburan seperti long weekend menjadi saat-saat kemacetan sering terjadi.

Baca Juga: Rumah Tangganya dengan Rizki DA Masih Baik-baik Saja, Nadya Mustika Justru Dijuluki Ratu Settingan

Faktor penyebabnya pun beragam, di antaranya yaitu lebar jalan yang terlalu sempit, kerusakan jalan, hingga parkir liar seperti dikutip dari Kompas.com (09/12/2018).

Akibatnya, perjalanan yang tadinya hanya memakan waktu 15-30 menit, berubah menjadi 1 jam. Situasi ini akhirnya menimbulkan rasa bosan dan kesal selama perjalanan. Terutama ketika menyetir sendirian, tak ada teman untuk mengobrol atau sekedar bercengkrama selama perjalanan.

Sebuah riset berjudul Identifying Traffic Context Using Driving Stress: A Longitudinal Preliminary Case Study menyebut, kemacetan di jalan raya dapat mengakibatkan stres pada pengemudi, sekaligus menyebabkan berbagai keluhan fisik, seperti pegal dan sakit kepala.

Namun, tak perlu khawatir, terjebak macet sendirian akan terasa menyenangkan jika Sahabat Nova mengikuti berbagai tips di bawah ini:

Baca Juga: 9 Tahun Berlalu, Irwansyah Akhirnya Ungkap Perasaan yang Sesungguhnya Saat Zaskia Sungkar Tak Kunjung Hamil

1. Mengubah posisi duduk

Meski interior mobil saat ini telah memiliki lapisan kursi yang nyaman, berdiam diri dengan posisi yang sama tentu akan menimbulkan rasa pegal pada bahu dan punggung. Untuk mengatasinya, berolahraga ringan di dalam mobil dapat Sahabat NOVA lakukan, salah satunya dengan memanfaatkan sandaran kursi.