Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Banyuwangi, Grab Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM Wisata

By Fathia Yasmine, Jumat, 4 Desember 2020 | 07:05 WIB
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Country Manager Grab Indonesia Neneng Goenadi, Jumat (27/11/2020). (Dok. Grab)

Nova.id – Pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat menurun. Dampaknya, para pelaku usaha dan pengelola tempat wisata pun mengalami penurunan omzet.

Peduli akan kondisi perekonomian yang terdampak pandemi, Grab mencoba berkontribusi dengan mendukung pemulihan ekonomi di daerah.

Penyedia aplikasi moda transportasi dan kebutuhan sehari-hari tersebut menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di sana.

Terutama, bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pengembangan pariwisata serta kebudayaan.

Baca Juga: Sebulan Tinggal di Istana Andara, Dimas Ramadhan Tiba-Tiba Pamit dan Ingin Ngekost, Ini Respons Raffi Ahmad

Kerjasama ini diresmikan melalui penandatangan nota kesepahaman (MoU) oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Country Manager Grab Indonesia Neneng Goenadi, Jumat (27/11/2020).

Neneng menyebut kerjasama ini diharapkan dapat menjadi media peningkatan keterampilan, sekaligus menciptakan masyarakat yang mandiri, sejahtera, serta memiliki kualitas sumber daya yang unggul di tengah pandemi.

“Grab berharap dapat terus membantu mengembangkan UMKM bidang pariwisata hingga sarana transportasi di Banyuwangi. Hal ini penting untuk membantu  Pemkab Banyuwangi dalam mewujudkan visinya masyarakat  yang mandiri dan sejahtera. Selain itu, mendorong peningkatan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia,” ujar Neneng dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Kerjasama ini turut melahirkan dua program strategis, di antaranya yaitu dukungan untuk UMKM melalui pembinaan generasi muda, penguatan UMKM, dan penggunaan layanan Grab pada portal bela pengadaan (sustainable economy co-creation).

Peresmian GrabProtect oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Country Manager Grab Indonesia Neneng Goenadi, Jumat (27/11/2020). (Dok. Grab)

Melalui kegiatan ini, para UMKM akan mendapatkan berbagai pelatihan sekaligus berkesempatan untuk menjadi mitra untuk memasok produk mereka melalui layanan Grab serta untuk keperluan Pemkab Banyuwangi 

Selanjutnya, Grab juga ikut memberikan program dukungan pariwisata (cultural and tourism co-creation) melalui integrasi layanan transportasi dan e-ticketing berbagai destinasi wisata di Banyuwangi melalui aplikasi Grab, sebagai bentuk promosi wisata.