Catat, Begini Cara Menggunakan Masker Medis yang Baik dan Benar

By Content Marketing, Selasa, 8 Desember 2020 | 23:24 WIB
Ilustrasi perempuan berkacamata memakai masker (Freepik)

 

Nova.id – Sahabat Nova mungkin masih ingat ketika kasus Covid-19 muncul pertama kali di tanah air. Ya, bukan cuma kepanikan yang melanda masyarakat, kelangkaan masker medis juga sempat terjadi akibat informasi masker medis yang mampu menangkal virus satu ini.

Beruntung, fenomena ini hanya terjadi beberapa saat. Masker medis seperti N95 maupun masker bedah, kini sudah tersedia di pasaran dengan harga normal. Walau penggunaan masker sudah menjadi bagian kehidupan, masih banyak orang yang abai atau tidak tahu cara pemakaiannya yang baik dan benar.

Umumnya, mereka menggunakan masker tanpa menutupi hidung, membiarkan celah di sekitar mulut, menyentuh bagian luar masker, hingga menariknya ke bawah dagu. Padahal, kebiasaan-kebiasaan itu justru menimbulkan risiko terpapar virus.

Oleh sebab itu, ada baiknya Sahabat Nova memerhatikan cara penggunaan masker yang baik dan benar, terutama ketika menggunakan masker bedah atau masker sekali pakai. 

Baca Juga: Diperebutkan Banyak Pria Tampan, Nonton Drakor Oh My Baby hingga Was It Love Drama Terbaru Song Ji Hyo

Pertama, gunakan masker yang sesuai dengan ukuran wajah, pastikan pemakaiannya tidak kekecilan atau kebesaran. Selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum menggunakan masker. 

Kedua, perhatikan sisi masker. Biasanya masker memiliki warna hijau dan putih. Sisi hijau merupakan bagian luar dan sisi warna putih yang menempel pada kulit.

Jika tidak memiliki dua warna, lihatlah merk yang tertulis pada masker, pastikan tulisan tersebut berada di bagian luar atau dapat dibaca orang lain.

Ketiga, letakkan garis kawat pada masker di bagian hidung. Jika menggunakan masker hijab, pastikan posisi karet berada di bagian atas kepala atau mendekati ubun-ubun agar masker menutup wajah sempurna.

Setelah masker terpasang, cubit garis kawat agar mengikuti bentuk hidung sehingga tidak tersisa celah antara masker dan wajah. Panjangkan bagian bawah masker hingga menutupi dagu. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, hingga dagu.

Terakhir, jangan menyentuh masker, apalagi jika Sahabat Nova belum mencuci tangan.

Baca Juga: Atta Halilintar Ubah Gaya Rambut Jadi Keriting ala Korea, Aurel Hermansyah Syok: Oh My God, Gaya Apaan sih?