Pergi ke Gym Saat Pandemi? Ini Pertimbangan dan Persiapan yang Wajib Dilakukan

By Content Marketing, Minggu, 13 Desember 2020 | 14:46 WIB
Ilustrasi olaharag di gym (Piyapong Thongcharoen)

Nova.id – Selain berolahraga di luar rumah, pemilihan lokasi lain seperti gym kerap dipilih sebagai tempat untuk membakar kalori. Banyaknya peralatan olahraga yang bisa digunakan serta teman-teman satu gym yang bisa ditemui, dinilai menjadi salah satu penyemangat olahraga. 

Beberapa lokasi gym bahkan terletak di dalam mal, artinya Sahabat Nova bisa sekaligus cuci mata setelah berolahraga. Pergi ke gym juga dianggap sebagai “sweet escape” setelah lama berada di rumah akibat pandemi.

Meski begitu, apakah benar pergi ke tempat gym aman untuk dilakukan? Rupanya belum tentu. Sebab, meski virus  tidak menular lewat keringat, tetapi kedekatan fisik di dalam ruangan juga menimbulkan risiko perpindahan droplet.

Dikutip dari laman WebMD menjelaskan bahwa mengunjungi gym ketika berada di zona merah juga rentan akan penularan Covid-19.

Baca Juga: Terima Lamaran Vicky Prasetyo, Ini Alasan Kalina Ocktaranny Pilih Prewedding di Bali

"Akan ada risiko penularan di tempat-tempat seperti ruang angkat beban dan studi kebugaran yang digunakan kelompok, di mana kedekatan fisik terjadi," kata salah satu pemimpin CDC'S Community Interventions amd At Risk Task Force, Covid-19 Response Grant Baldwin, PhD,

Namun, jika Sahabat Nova tetap ingin pergi ke gym, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum bepergian. 

Pertama, apakah Sahabat Nova  tinggal dengan orang lanjut usia di atas 65 tahun atau berisiko sakit parah? Perlu diingat, risiko terkena infeksi Covid-19 akan meningkat seiring bertambahnya usia dan kondisi medis tertentu.

Kedua, apakah Sahabat Nova dapat melakukan protokol kesehatan untuk mencegah infeksi, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak saat berada di gym?

Ketiga, ruangan di dalam gym. Pastikan Sahabat Nova bisa menjaga jarak minimal satu meter dengan anggota lain di tempat kebugaran. Kemudian, pertimbangkan soal berbagi penggunaan alat.

Pilih kelas olahraga yang tidak perlu berbagi peralatan dengan orang lain termasuk angkat beban, barbel, gelang resistensi, dan balok yoga.

Terakhir, bagaimana protokol kesehatan dan rutinitas pembersihan yang dilakukan oleh  gym. Pastikan petugas gym selalu membersihkan dan mendisinfeksi dengan benar peralatan gym.