Protokol VDJ, Cara Cegah Risiko Pernularan Covid-19 di Ruang Tertutup

By Content Marketing, Sabtu, 26 Desember 2020 | 22:14 WIB
Ilustrasi ruang kerja di kantor. (Dok. Signify)

Nova.id – Meski pandemi belum usai, beberapa dari Sahabat Nova mungkin sudah kembali bekerja di kantor atau mulai beraktivitas di luar rumah. Beberapa perusahaan sudah menerapkan work from office (WFO) dengan sistem sif.

Beberapa dari Sahabat Nova mungkin juga sudah mulai berbelanja di supermarket. Sahabat Nova tidak bisa menghindari untuk bersama-sama dengan banyak orang di satu tempat. 

Padahal, risiko penularan Covid-19 di dalam ruangan cenderung tinggi, mengingat sirkulasi udara dari AC maupun kipas dapat mengumpulkan udara kotor yang akhirnya berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Nah, selain penerapan protokol  memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M), ada protokol lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan di dalam ruangan yaitu ventilasi, durasi, dan jarak (VDJ).

 Baca Juga: 10 Video Musik yang Paling Banyak Ditonton Sepanjang 2020, Ada Lagu BCL dan Ariel NOAH

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/6/2020), berikut penjelasan dan cara penerapannya. 

Ventilasi

Berbeda dengan ruangan terbuka, ruang tertutup memiliki ventilasi yang terbatas. Akibatnya, udara kotor yang ada di dalam ruangan menjadi berkumpul di satu tempat.

Begitu pula dalam ruangan ber-AC, kipas akan mengempaskan udara yang membuat droplet tersebar ke seluruh ruangan.

Untuk itu, usahakan untuk tidak berada terlalu lama di dalam ruangan, meski sudah menggunakan masker. Keluarlah sesekali atau minta bantuan kolega agar membuka pintu ruangan supaya udara kotor dapat keluar.

 Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Batal, Ini 4 Cara Pintar Atur Uang untuk Alihkan Dananya

Durasi