Inilah 3 Tren Musik 2021, Jangan Sampai Kita Ketinggalan Zaman!

By Dionysia Mayang Rintani, Senin, 11 Januari 2021 | 16:33 WIB
3 Tren Musik 2021 (Ilustrasi) (istock)

NOVA.id – Teknologi yang terus berkembang dan trend yang selalu bergerak dinamis turut membawa dampak positif pada industri musik.

Tidak terkecuali pada 2021 ini, yang memiliki tren musik yang lebih berkembang dibanding tahun sebelumnya.

Berikut 3 tren musik di tahun 2021 berdasarkan hasil survei berjudul Indonesia Music 2021 Outlook yang dilakukan oleh Provetic bersama dengan Resso dan TikTok.

Baca Juga: 3 Tips untuk Menikmati Momen Akhir Tahun Lebih Asyik dengan Musik

Survei ini melibatkan lebih dari 100 responden dari industri musik mulai dari musisi, pencipta lagu, produser, dan pelaku industri musik lainnya.

Pendengar Disuguhi Genre yang Lebih Beragam

Kita semua pasti telah memiliki genre yang disukai dan didengarkan setiap hari, namun 2020 juga telah mengajarkan kita betapa menyenangkannya untuk dapat mengeksplor genre yang lebih luas lagi.

Selama pandemi, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari dan menemukan musik dan genre baru sebagai cara untuk menghibur mereka.

Baca Juga: 10 Video Musik yang Paling Banyak Ditonton Sepanjang 2020, Ada Lagu BCL dan Ariel NOAH

Ketika orang-orang mulai mendengarkan berbagai jenis genre, hal ini juga akan membuka banyak peluang bagi musisi dari berbagai genre untuk mulai berkolaborasi.

Misalnya, melalui Artist Cover Remix Project, Resso berkolaborasi dengan Willy Anggawinata dalam meng-cover lagu koplo yang sedang viral, Biarlah Semua Berlalu, menjadi versi akustik pop dan berhasil mendapatkan 110 juta views di TikTok dan lebih dari 1 juta pendengar di Resso.

Resso juga memprakarsai adanya kolaborasi antara penyanyi solo pendatang baru, Bilal Indrajaya, dengan band ternama Maliq & D'essentials, serta kolaborasi antara solois muda Vira Talisa dengan duo indie ternama Endah N Resso, melalui Ressound Project.

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Cerita Enzy Storia yang Kini Beranikan Diri Terjun ke Dunia Musik hingga Ayu Ting Ting Blak-blakan Bahas Honornya yang Fantastis

Berdasarkan hasil survei, 20% responden juga melihat kolaborasi multi genre sebagai tren industri musik di tahun 2021.

Tren ini juga didukung oleh adanya platform streaming musik, seperti Resso, yang menawarkan fitur seperti Your Daily Mix yang memungkinkan pengguna untuk menerima rekomendasi musik baru yang menyesuaikan selera musik mereka atau serupa dengan musisi yang biasanya mereka dengarkan.

Tren ini kemungkinan besar akan berlanjut tahun ini karena orang-orang masih akan menggunakan musik sebagai hiburan mereka.

Baca Juga: Gabungkan Musik dan Fitur Sosial, Resso Jadi Salah Satu Aplikasi Terbaik 2020