Tingkatkan Literasi Anak untuk Wujudkan Bangsa yang Cerdas, Sayur Kendal Adakan Sayembara Cerpen

By Widyastuti, Sabtu, 16 Januari 2021 | 11:46 WIB
Ilustrasi anak membaca buku (PORNSAWAN / School photo created by jcomp / Freepik)

NOVA.id - Dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya salah satunya dengan menanamkan literasi sedini mungkin kepada anak.

Hal itu diharapkan agar anak-anak memiliki wawasan yang luas, memiliki berbagai sudut pandang dalam memahami kehidupan sosial, dan sadar akan pentingnya memajukan bangsa Indonesia.

Indonesia sendiri masuk ke dalam posisi Negara dengan kesadaran literasi rendah. Sebuah studi World’s Most Literate Nation dari Central Connecticut State University tahun 2016, menyatakan bahwa Indonesia masuk peringkat ke 60 dari 61 negara yang dibandingkan.

Baca Juga: Elizabeth Luncurkan Denim Batik untuk Anak Muda Tampil Bergaya

Hal inilah yang mendasari Sayur Kendal bersama GMT Institute untuk menyelenggarakan sayembara cerpen anak dengan tema “Kisah Bumi”.

Tifanny Meilianti sebagai leader Kisah Bumi mengatakan, bahwa lomba ini dibuat untuk menumbuhkan lagi minat menulis yang mulai hilang oleh perkembangan zaman terutama sastra untuk anak.

"Kami memilih tema kesadaran lingkungan agar anak-anak teredukasi dan mengenal alam sedari dini,” kata Tifanny Meilianti.

()