Bisa Bikin Nggak Produktif, Ini 7 Tanda Lingkungan Kerja yang Toxic

By Alsabrina, Rabu, 20 Januari 2021 | 08:00 WIB
(Ilustrasi) Lingkungan kerja yang toxic (istockphoto)

NOVA.id – Produktivitas karyawan nyatanya terpengaruhi dari lingkungan kerja yang nyaman.

Bahkan, kenyamanan bisa dibilang menjadi hal utama dan berdampak besar bagi pekerja.

Sehingga tak heran jika banyak perusahaan atau tempat kerja menciptakan suasana kekeluargaan yang suportif serta didukung oleh fasilitas yang memadai.

Baca Juga: Ingin Karier Makin Sukses di 2021? Coba Lakukan 4 Tips Kerja Ini

Tapi pada kenyataannya, ada beberapa tempat kerja yang lingkungan kerja sangat toxic sehingga memengaruhi mood dan produktivitas karyawan.

Tentunya jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini akan berdampak buruk pada karyawan.

Lalu bagaimana cara mengenali lingkungan kerja yang toxic? Berikut adalah ciri-ciri lingkunga kerja yang toxic, dilansir dari Kompas.com:

Baca Juga: Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak Senin, 18 Januari 2021: Keuangan Aries Menipis

1. Beban kerja tidak realistis

Kadang kala, kita merasa kesulitan dalam menyelesaian pekerjaan, padahal sudah berusaha maksimal.

Mungkin, itu bukan karena kamu yang tidak cakap, melainkan memang beban kerja yang tidak realistis.

Akhirnya, ini berefek pada kesehatan fisik dan mental kita.

Sahabat NOVA bisa jadi kelelahan, merasa cemas, tidak bersemangat, atau bahkan depresi. 

Baca Juga: Stellar Woman, Tempat Kumpul Perempuan Pengejar Mimpi dan Karier

2. Bekerja lebih dari delapan jam sehari

Jika tidak ada perjanjian tertentu yang telah disetujui kedua belah pihak, normalnya jam kerja adalah delapan jam sehari.

Tapi dalam kenyataannya, ada beberapa perusahaan yang bandel dan menerapkan jam kerja lebih dari itu secara sepihak.

Menurut seorang psikoterapis, Mayra Mendez, PhD, LMFT, ada penelitian yang menilai bahwa seseorang yang bekerja selama berjam-jam dapat menyebabkan depresi.

Untuk itu, Mendez menyarankan agar kita mengizinkan diri kita untuk istirahat, mematikan telepon sejenak dan pulang pada jam yang sehat di malam hari.

Baca Juga: Merasa Lelah dan Performa Menurun Drastis? Hati-Hati Tanda Jenuh Bekerja! Ini 5 Penyebabnya

3. Merasa cemas sepanjang hari bekerja

Lingkungan kerja yang toxic juga dapat memicu stres dan kekhawatiran yang tidak sehat.

Menurut seorang psikolog, Lindsay A. Henderson, PsyD, tubuh dan pikiran kita akan mengirimkan reaksi apabila kita merasa tidak nyaman dengan pekerjaan atau suasana di tempat kerja.

Tubuh kita bisa saja mengirim sinyal dengan sakit perut, tegang, dan selera makan menurun.

Baca Juga: Ambil Cuti Pada Hari Senin Ternyata Ada Manfaatnya lo! Ini 5 Keuntungannya

4. Ada penindasan atau pelecehan

Atasan yang meledak-ledak amarahnya, rekan yang tidak peka budaya, dan perilaku menindas adalah salah satu ciri lingkungan kerja toxic.

Mempromosikan sistem 'kita versus mereka', dan mencaci seseorang karena perbedaan atau preferensi individu, adalah perilaku yang kasar dan menurunkan moral.

Baca Juga: Inilah, 5 Hal Penting yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Resign dari Kantor

5. Tidak dapat mengutarakan masalah

Jika kita merasa bahwa kita sulit berpendapat karena pendapat kita selalu ditolak, maka itu adalah tanda lingkungan kerja yang toxic.

Berhati-hatilah karena kondisi ini bisa membuat kita tidak bisa berkembang.

Baca Juga: Wah, Ini 5 Tanda Kita Sudah Memilih Pekerjaan dan Tempat Kerja yang Tepat

6. Kepemimpinan yang buruk

Ada sebuah pepatah yang menyebutkan, “Kita tidak meninggalkan pekerjaan, kita meninggalkan pemimpin yang buruk”.

Kadang-kadang pemimpin yang buruk adalah hasil dari pemimpin di atasnya yang buruk.

Hirarki pemimpin yang buruk ini yang membuat setiap elemen dan setiap bagian dari tempat kerja itu menjadi toxic.

Ciri-ciri pemimpin yang buruk di antaranya adalah ia terus menerus mengkritik, merusak keputusanmu, dan menyalahkan kesalahan siapapun kecuali dirinya sendiri.

Baca Juga: Duh, Jangan Lakukan 3 Hal Ini Jika Tak Ingin Karier Memburuk!

 

 

7. Komunikasi yang buruk

Komunikasi adalah hal yang paling dibutuhkan dalam berorganisasi.

Komunikasi yang buruk sering kali menimbulkan kebingungan dan biasanya dari sini akan timbul beberapa masalah dan kesalahpahaman.

Berikut adalah contok komunikasi yang buruk:

- Kurangnya kejelasan pada suatu pekerjaan

- Pemahaman karyawan yang berbeda-beda dalam menerima pesan

Baca Juga: Cara Mengatur Waktu untuk Kerja dan Bisnis agar Dua-duanya Berjalan Lancar

- Komunikasi pasif-agresif

- Gagal dalam mendengarkan

- Komunikasi tentang hal di luar pekerjaan yang konstan

Bagaimana nih dengan tempat kerja Sahabat NOVA? Termasuk lingkungan yang toxic atau tidak?

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)