5 Kesalahan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Gagal Diet, Wajib Cek!

By Widyastuti, Senin, 25 Januari 2021 | 10:33 WIB
Diet (Istock)

NOVA.id – Miliki berat badan ideal dan tubuh sehat tentu jadi dambaan banyak orang.

Bahkan banyak orang yang punya target turun berat badan rela melakukan banyak usaha. Mulai dari rajin berolahraga, makan sehat, menjaga asupan kalori, dan usaha lainnya.

Meski melakukan banyak usaha, namun seringkali target berat badan sulit tercapai. Jangan langsung frustrasi, dengan mengetahui apa yang jadi penghambat, kita bisa melakukan strategi yang tepat.

Ahli gizi tersertifikasi para selebriti, Dr. Daryl Gioffre, D.C. mengungkapkan penyebabnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Payudara agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

  1. Olahraga tak diimbangi makan sehat

Menjaga asupan makanan sama pentingnya dengan disiplin melakukan latihan olahraga. Ini yang disebut dengan gaya hidup sehat dan seimbang.

Dengan berolahraga, sederet manfaat positif akan kita raih. Mulai dari menjaga metabolisme, meningkatkan mood dan sistem imun, serta menginspirasi pola hidup sehat lainnya.

Seperti tidak makan terlalu banyak gula, garam dan lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat olahan. Jenis makanan itu akan menyimpan lemak, membuat kita mudah kelelahan, meningkatkan inflamasi, serta malah membuat kita malas berolahraga.

Dr. Gioffre menyarankan porsi kecil latihan setiap hari secara rutin, serta menerapkan pola makan 80/20, yakni 80 persen makanan alkaline seperti sayuran hijau, brokoli, alpukat, berry, minyak kelapa, dan lainnya, dan 20 persen makanan yang meningkatkan produksi asam dalam darah seperti daging, makanan yang diproses, gula buatan, tepung, dan kafein.

Baca Juga: Bukan Hanya Wortel, 5 Makanan Enak Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata