NOVA.id - Pandemi covid-19 sangat mempengaruhi kehidupan pelaku usaha, termasuk para pebisnis grosir B2B (business-tobusiness).
Oleh karena itu, para pelaku bisnis grosir harus bisa beradaptasi agar usahanya terus berjalan.
Dikutip dari Kompas.com, Patrick Vaz selaku Country Manager Zilingo memiliki 4 tips pintar atur uang untuk kita agar bisa meningkatkan penjualan bisnis grosir.
Baca Juga: Ini Pentingnya Mengetahui Profil Risiko Diri Sebelum Mulai Investasi!
1. Integrasikan e-commerce
Patrick mengatakan, bisnis grosir juga harus mengembangkan sayap dengan memanfaatkan platform online.
Sahabat NOVA bisa mendaftarkan bisnis grosir ke platform e-commerce sehingga pasar akan semakin luas.
“E-commerce memungkinkan pedagang grosir menawarkan katalog daring 24/7 yang dapat membuat pembeli tetap terlibat dan tertarik sembari membantu membangun minat konsumen terhadap produk baru Anda," ujar Patrick.
Baca Juga: 6 Tips Pintar Atur Uang agar Bisa Hemat Belanja Perabot Rumah Tangga
2. Dapatkan calon pelanggan yang lebih berkualitas
Selain mempertahankan pelanggan yang ada, kita juga perlu mencari pelanggan bru.
Salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan pelanggan grosir baru adalah dengan menawarkan promosi dan kampanye khusus.
Patrick menyarankan agar kita menjalankan kampanye pemasaran yang sesuai dengan target pelanggan, termasuk menghilangkan kata kunci yang tidak relevan.
Baca Juga: Tips agar Bisnis Fashion Bertahan Saat Pandemi ala MW Official
3. Pertimbangkan program rujukan dan izinkan pengecer melakukan dropship
Kita juga bisa memberikan insentif untuk pelanggan yang aktif menawarkan produk ke pelanggan baru, yang disebut program rujukan.
Selain itu, Patrick juga menyarankan agar pelaku bisnis mengizinkan pengecer online lainnya untuk membantu menjual produk. Pelanggan grosir dapat membeli produk kita dari situs web pengecer online dan kita mengirimkannya ke pelanggan mereka.
Kemudian, melalui program dropship, para pelaku bisnis juga bisa berkesempatan untuk bertemu dengan banyak pemilik toko online yang secara senang hati menjual produk kita.
Baca Juga: Begini Cara Membuat Donat yang Empuk, Bisa Jadi Ide Jualan Makanan
4. Berikan layanan terbaik
Layanan pelanggan adalah salah satu hal penting dalam penjualan grosir.
Kita bisa mendorong tim untuk berkomunikasi dengan baik dan profesional dengan pelanggan.
Baca Juga: Sempat Dipandang Rendah Karena Jualan Koran Bekas, Herjunot Ali: Gue Nggak Pernah Melupakan
Selain itu, kita juga bisa sambil memotivasi tim untuk membuat keputusan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
"Perlakuan semacam ini akan sangat membantu dalam menciptakan pelanggan grosir yang setia dan bervolume lebih tinggi,” pungkas Patrick.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)