Festival Pilih Lokal Aja: Pernah Rugi Hingga Setengah Miliar, Begini Cara Founder Dama Kara Kembalikan Bisnisnya yang Hampir Mati

By Alsabrina, Rabu, 24 Februari 2021 | 20:02 WIB
(Ilustrasi) Tips membangun bisnis yang sempat alami kerugian. (dok. iStockphoto)

NOVA.id - Dalam berbisnis pastinya tak akan mulus sepanjang waktu. Pasti akan bertemu dengan kendala bahkan kerugian yang membuat kita ingin menyerah.

Seperti yang dialami oleh Nurdini Prihastiti, founder Dama Kara, bisnis yang bergerak di bidang fashion.

Ia pernah mengalami kerugian setengah miliar dalam bisnisnya. Tak ayal, hal ini membuatnya harus putar otak agar bisnisnya tetap berjalan.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: La Dame in Vanilla Hanya Gunakan Media Sosial Gratis Ini Saat Mengembangkan Usahanya

Awalnya, Dini--panggilannya, mendirikan usaha konveksi yang bernama indogarmen dan suatu kali, barang yang harusnya sampai di Kalimantan terbakar habis saat pengiriman lewat jalur laut.

"Kirim barang dari Surabaya ke Balikpapan dan pengirimannya lewat jalur laut. Di perairan Masalembo, kapal yang mengangkut barang kita terbakar di laut. Semua barang habis terbakar di sana. Itu benar benar kerugian yang terbesar yang kita dapatkan dalam bisnis.

"Hampir Rp500 juta (kerugiannya) dan di situ tuh semacam kayak jangan jangan kurang amal nih, kurang apa. Baru mulai kepikiran buat bikin sosial bisnis, baru kepikiran buat damakara di akhir 2019 itu," kisah Dini.

Baca Juga: Festival Pilih Lokal Aja: Ini 3 Penyebab Utama yang Membuat Bisnis Kita Berhenti di Tengah Jalan